oleh

Dirlantas Polda Jatim Tinjau Proyek Tol Soker, H-10 Lebaran, Jalur Arus Mudik Difungsikan

Jombang – Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jatim, Kombes Pol Heri Wahono melakukan pengecekan kesiapan ruas tol Solo Kertosono (Soker) menyambut arus mudik lebaran 2018. Perwira menengah itu menargetkan H-10 Lebaran ruas dapat difungsikan.

“Dua ruas jalan tol yang hari ini masih belum bisa dioperasionalkan, Insyallah nanti pada H-10 itu bisa difungsikan antara ruas tol mantingan hingga ngawi dan satu lagi ruas tol Wilangan- Kertosono,” ungkapnya kepada media di proyek tol Soker masuk wilayah Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Kabupaten Jombang, Rabu (30/05/2018).

PERSIAPKAN ARUS MUDIK : Pengecekan ruas tol Soker terus dilakukan Dirlantas Polda Jatim, hal itu dilakukan untuk memantau secara langsung persiapan arus mudik lebaran mendatang (SAHA)

Dalam kunjungan kali ini, rombongan Dirlantas didampingi beberapa pengelola tol Soker dari Cina Road And Bridge Corporation, juga langsung meninjau proses pembangunan sekaligus mengecek progres dari jembatan Kali Konto.

Mengenai detail ruas jalan tol Soker yang berada di Kecamatan Bandar Kedung Mulyo sepanjang 38 Kilometer, dan terdapat 3 sungai yang harus diperhatikan dalam persiapan arus mudik pada H-1 lebaran Idul Fitri nanti.

Dirlantas menerangkan sudah melakukan koordinasi dengan pihak – pihak terkait untuk menyelesaikan permasalahan jembatan di sungai Avur Besuk dan Sungai Avur Mekiki serta Kali Konto. “Untuk jembatan, kita sudah berkoordinasi dengan PUPR dan pengelola. Diupayakan H-10 sudah bisa dipersiapkan,” tegasnya.

CEK KESIAPAN : Dirlantas Polda Jatim Kombespol Heri Wahono beserta rombongan didampingi pengelolah tol Soker Cina Road And Bridge Corporation ketika meninjau proses pembangunan tol Soker dari jembatan Kali Konto (SAHA)

Kombes Pol Heri Wahono juga menjelaskan, jika pada H -10 lebaran di beberapa titik jembatan belum tuntas, maka akan menggunakan jembatan bailey untuk penyebrangan, “Kalaupun belum terselesaikan juga, akan kita siapkan jembatan bailey,” jelasnya.

Dirlantas menambahkan, untuk fungsional jalur tol Soker, akan diberlakukan satu jalur dari arah Surabaya hingga ke barat menuju Solo. Namun untuk waktunya, akan difungsikan mulai pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB, karena saat ini kalau malam gelap dan belum terpasang penerangan jalan. “Untuk fungsional Wilangan Kertosono, akan menggunakan satu jalur. Malam hari tidak difungsikan karena berbahaya tidak ada penerangan,” pungkasnya.

Reporter : Taufiqur Rachman

Komentar

News Feed