oleh

Mengkreng Titik Krusial Kemacetan

Jombang – Jelang persiapan arus mudik pada lebaran tahun ini, Satuan lalu lintas (Satlantas) Polres Jombang Jawa Timur mencatat ada tiga titik jalur rawan macet di wilayah Jombang, yang perlu diperhatikan oleh para pemudik pada musim lebaran kali ini. Ketiga titik tersebut yakni di Kecamatan Mojoagung, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, serta Kecamatan Ploso.

“Jadi titik kerawanan ada dua yakni troubel spot dan black spot, untuk trobel spot kami bagi berdasarkan analisa ada tiga titik yakni di Mojoagung, di Ploso dan di Bandar yang berada di jembatan kayen hingga mengkreng atau bra’an. Dan untuk titik laka yang rawan ada di simpang CJ Fid Mojoagung, jalan Soekarno Hatta Keplaksari dan di Jati Pelem,” ungkap Kepala Satuan Lalu Lintas Polisi Resort Jombang, Ajun Komisaris Polisi Inggal Widya Perdana saat ditemui awak media, Minggu (10/06/2018)

Selain itu, saat ini satlantas polres jombang sudah mendirikan pos pam serta pos pantau yang diharapkan untuk mengurangi angka kecelakaan.“Kita dirikan pos pam dan pos pantau, dengan banyaknya anggota yang kita sebar di jalan diharapkan bisa untuk mengurangi angka kecelakaan dan fatalitas korban itu sendiri. Kemungkinan puncak arus mudik di Jombang, diprediksi terjadi pada hari H dan H+1, yang mana itu gelontoran dari surabaya ke arah barat ke Nganjuk, Kediri, Madiun dan lain sebagainya,” jelasnya.

Sementara itu, Dirlantas Polda Jatim, Komisaris Besar Polisi Heri Wahono beberapa hari lalu sudah melakukan pantuan di ruas jalur tol fungsional secara langsung di jembatan yang melintas di atas sungai avur besuk dan di Jembatan Kali Konto, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Jombang.

“Jalur tol Insya Allah pada hari Minggu sudah fungsional, kemudaian untuk rambu-rambu sebagain sudah dipasang, dan untuk tol fungsional ini kita berlakukan  mulai pukul 07.00 pagi sampai pukul 17.00, kalau malam hari kan sangat cukup rawan, karena tidak ada penerangan jalan,” terang Kombes Pol Heri.

Saat ditanya secara keseluruhan titik kerawanan, yang ada di Jawa Timur , pihaknya menuturkan bahwa, titik mengkreng Jombang termasuk area trobel spot, yang ada di Jawa Timur.“Kalau titik-titik kerawanan itu ada beberapa ya di wilayah Jawa Timur, cuma kalau yang krusial mungkin ada di sini ya di Mengkreng, sama seperti di antara Pandaan dan Malang,” tegas Heri.

Heri Wahono menghimbau kepada para calon pemudik agar selalu menjaga kesehatan dan selalu melakukan pengecekan kendaraannya masing-masing sebelum mudik pada lebaran nanti. “Kepada masyarakat yang mau mudik agar disiapkan kesehatannya, disiapkan kelayakan kendaraannya, dan jangan sampai ngantuk saat mengendarai kendaraannya saat mudik,” pungkasnya.

Reporter : Taufiqur Rachman

Komentar

News Feed