oleh

RSUD Jombang, Persiapan Untuk Korban Kecelakaan

Jombang – Jelang musim libur panjang hari raya idul fitri, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jombang tetap buka dan memberikan pelayanan. RSUD juga ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan regional bagian tengah, hal ini mengacu sesuai dengan petunjuk dari kementrian kesehatan.

“Kami tidak bisa meliburkan semua karyawan pada masa cuti lebaran, sehingga kita buat jadwal untuk libur secara bergantian, baik itu tenaga medis spesialis, tenaga medis umum, tenaga keperawatan, maupun tenaga medis non keperawatan, tenaga administrasi dan lain sebagainya, semuanya mendapat giliran, jaga di hari cuti lebaran,” ungkap Direktur RSUD Jombang, dr Pudji Umbaran kepada sejumlah awak media, sabtu (09/06/2018).

Bahkan nantinya kamar operasi di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Jombang tetap buka dan memberikan pelayanan pada musim libur panjang lebaran. Menurutnya, seperti pada pengalaman atau trend kasus penyakit yang terjadi pada musim lebaran, pihak RSUD sudah mengantisipasi dan mempersiapkan segala kebutuhan medis untuk menangani hal tersebut.

“Kecelakaan biasaya, kita harus waspada betul, sehingga pada tempat di unit trauma center, ini sudah kita siapkan sedemikian rupa. Dan untuk IGD kita siapkan segala sesuatunya mulai dari persiapan tenaga, alat maupun perbekalan farmasi, serta di ruangan-ruangan rawat inap, baik itu ruangan intensif maupun ruangan biasa, termasuk kita siapkan kamar operasi baik di IGD ada 3 kamar operasi, maupun dua kamar operasi lektif di belakang,” tuturnya.

Masih menurut penjelasan Pudji, untuk pelayanan Poli Klinik di RSUD, nantinya memang diliburkan, karena konsentrasi penanganannya tenaga medis ada di IGD.“Untuk poli klinik selama lebaran memang tidak buka, karena konsentrasinya ada di IGD. Namun pasien yang bukan gawat darurat kita lakukan konseling dan kita arahkan ke Puskesmas, karena Puskesmas tetap akan buka selama libur panjang nantinya, khususnya Puskesmas yang berada di pinggir jalan raya,” pungkasnya.

Reporter : Taufiqur Rachman

Komentar

News Feed