oleh

Hari Terakhir, Satu Parpol Tidak Mendaftarkan Bacaleg

Nganjuk – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nganjuk Agus Rahman Hakim SH menegaskan tidak ada   perpanjangan waktu terkait masa pendaftaran bakal calon legislatif. Dan hingga batas waktu yang telah ditentukan, Satu Partai Politik Peserta Pemilu 2019 tidak mendaftar bakal calon anggota (Bacaleg) legislatif.

“Kami hanya akan menerima berkas sampai pukul 24.00 WIB, Setelah itu tidak boleh ada lagi penerimaan berkas, meski kurang satu menit tetap kami terima, dan hingga penutupan tadi, PKPI tidak mendaftarkan bacalegnya,” kata Agus Rahman di Griya Kendali Sadha Gedung KPU Nganjuk Selasa, (17/07/2018)

HANURA : Ketua DPC Hanura Nganjuk Raditya Harya Yuangga (RHY) didampingi Sekretaris Siswo ketika mendaftarkan Bacaleg ke Kantor KPU Nganjuk (BIMA)

Agus Rahman menuturkan, dari 16 Partai peserta pemilu 2019 mendatang, 15 partai politik telah mendaftarkan bakal calegnya. Keempat belas partai itu diantaranya, Partai Garuda, Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Perindo, PDI Perjuangan (PDI P), Partai Hanura, Partai Berkarya, Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Gerindra, Partai Bulan Bintang dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

“Dari kelima belas partai, Golkar mendaftar lebih dulu, kemarin Golkar mendaftarkan calegnya, untuk malam ini kami masih melakukan pemberkasan Partai Perindo sama PPP. Dan itu PPP sudah selesai, tinggal Perindo saja,” jelas komisioner dua periode tersebut.

PDIP : Ketua DPC PDIP Nganjuk Tatit Heru Tjahjono bersama Sekretaris Puji Santoso menunggu pemeriksaan berkas para Bacaleg di kantor KPU Nganjuk (BIMA)

Lamanya proses pemeriksaan berkas, lanjut Agus Rahman disebabkan karena Parpol kurang pro aktif  berkoordinasi dengan KPU, “Sehingga setiap Parpol itu beda, ada yang datang lebih dulu namun selesainya belakangan, karena ya itu tadi pihak Parpol kurang proaktif sehingga ketika kami periksa tidak berurutan bahkan kurang foto copyannya,” paparnya.

Setelah dilakukan pemeriksaan berkas sebagai syarat masing-masing bacaleg, seperti ijazah, riwayat kesehatan, dan alamat. Serta surat dari pengadilan, sekaligus mengecek berkas pakta integritas, KPU memberikan Tanda Terima (TT) kepada partai politik.

TANDA TERIMA : Komisioner KPU Pujiono memberikan tanda terima penyerahan berkas kepada ketua DPC Partai Demokrat Nganjuk M Fauzi Irwana SE didampingi Sekretaris Endah Sri Murtini di Griya Kendali Sadha Gedung KPU Nganjuk (BIMA)

Namun begitu, jika ada kekuranga kelengkapan berkas, KPU masih memberikan waktu hingga 31 Juli 2018. “Untuk memenuhi kelengkapan berkas bisa diperbaiki, tapi kalau untuk penambahan nama bacaleg dalam artian bertambah sudah tidak boleh, sifatnya perbaikan atau penambahan berkas, karena untuk pendaftaran tadi pukul 24.00 WIB telah ditutup,” terang Agus Rahman.

Parpol tambah Agus Rahman diperbolehkan mengganti nama bacaleg jika di antara daftar bakal caleg yang didaftarkan tidak memenuhi syarat. Misalnya, mengundurkan diri karena tiga sebab, yaitu sakit, meninggal, dan kasus hukumnya telah inkracht., “Jadi sudah tidak ada penambahan nama bacaleg, untuk jumlah bacaleg dari keseluruhan Parpol silahkan langsung cek, hanya saat ini masih proses input semua data,” tutupnya.

Reporter : Agus Bima

Komentar

News Feed