oleh

Alasan Pulang Pagi,Nongkrong di Warkop, Puluhan Pelajar Terjaring Razia Satpol PP

Jombang – Puluhan pelajar dari berbagai sekolah di Jombang terjaring razia petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemerintah Kabupaten Jombang, ketika asik nongkrong di warung kopi (warkop) pada jam pelajaran. Para pelajar mengaku di hari pertama masuk sekolah itu pulang lebih pagi sehingga digunakan untuk nongkrong.

Usai libur panjang hari raya dan ajaran baru Periode 2018-2019, puluhan pelajar kelas VIII serta kelas IX SMP dan SMA kelas XI, XII berlarian begitu mengetahui kedatangan petugas Satpol PP yang sedang melakukan razia pelajar bolos sekolah.

Sejumlah tempat di sasar petugas, mulai dari warung kopi hingga area tempat terbuka seperti di Taman Kebon Rojo serta di Alun-alun Jombang. “Hari ini sampai jam siang ini, kita momentumnya adalah hari pertama masuk sekolah. Kita lakukan razia pada anak didik (pelajar) yang bolos dan berada di titik-titik keramaian, di jam pelajaran” ujar Kepala Bidang Ketentraman dan ketertiban (Kabid Trantib) Satpol PP Jombang, Ali Arifin kepada awak media, Senin (16/70/2018).

Ali Arifin mengatakan, para pelajar yang terjaring razia rata-rata mengaku oleh pihak sekolah dipulangkan lebih awal atau pulang pagi karena hari pertama masuk setelah libur panjang. Tidak begitu saja menerima keterangan para pelajar Satpol PP langsung koordinasi dengan Dinas Pendidikan Pemerintah Kabupaten Jombang maupun Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur di Kabupaten Jombang, untuk melakukan kroscek.

“Kami sudah komunikasi UPTD untuk yang SMA, kemudian komunikasi dengan Diknas untuk yang SMP dan kita lakukan pembinaan, tidak hanya muridnya saja. Pihak sekolah juga akan dimintai keterangan oleh dinas terkait kenapa dipulangkan pagi, padahalkan seharusnya pulang jam dua,” jelasnya.

Para pelajar yang sudah terjaring razia lanjut Ali Arifin, langsung dibawa petugas ke kantor Satpol PP Jombang untuk dilakukan pembinaan dan pendataan. “Ya kita lakukan pembinaan, tadi kita juga lakukan identifikasi dari masing-masing siswa yang kena razia, dan nanti kita komunikasi kepada kepala sekolah yang kebetulan pelajarnya ke razia tadi,” paparnya.

Ali juga menyampaikan kepada para pelajar pada saat dilakukan pembinaan di Kantor Satpol PP, agar semua pelajar yang ada di sekolah-sekolah tersebut, disiplin dan tidak kluyuran di jam sekolah tengah berlangsung. “Diberikannya pembinaan ini, supaya siswanya dapat disiplin dan tidak melanggar ,” pungkasnya.

Reporter : Taufiqur Rachman

Komentar

News Feed