oleh

PT Lapindo Brantas Jalin Hubungan Positif dengan Warga Blimbing

Jombang – PT Lapindo Brantas terus melakukan berbagai upaya kerja sama dalam rangka memberikan dampak positif dengan semua lapisan maupun masyarakat. Terakhir, perusahaan yang bergerak di bidang migas ini menghadiri acara malam Tasyakuran warga yang digelar Forum Silahturahmi Lintas Dusun (Forsilad), di Desa Blimbing, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang.

Acara ini sekaligus memperingati HUT Forsilad ke-5 yang dihadiri sejumlah Ketua RT Desa Blimbing, Kepala Desa Blimbing, perwakilan Polsek dan Koramil Kesamben, dan anggota DPRD Kabupaten Jombang. Menurut Manager Publik Realation Lapindo Brantas Indonesia, Arief Setyo Widodo, komunikasi dan hubungan baik dengan masyarakat merupakan hal penting yang harus terus digalakkan. Semangatnya membangun hal-hal positif yang bisa berdampak pada pembangunan negeri.

“Semoga kedepan hubungan silahturahmi antara Lapindo Brantas, Inc dengan warga Desa Blimbing, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, terus terjalin dengan baik. Semoga juga relasi ini membawa nilai positif dan manfaat untuk membuat Desa Blimbing semakin maju,” ungkap Arief Setyo Widodo saat dikonfirmasi oleh sejumlah awak media, Rabu (18/07/2018)

Seperti diberitakan, Bagian Humas Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) wilayah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara, bernama Singgih Putra Perdana, telah melakukan Sosialisasi kepada warga dengan tema ‘Sosialisasi Rencana Pengeboran Gas PT Lapindo di Desa Blimbing, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, pada Kamis (05/07/2018).

Adapun sebelum dilakukan sosialisasi perencanaan pengeboran PT Lapindo ini sempat beberapa kali mengalami penolakan oleh warga sekitar. Terutama warga Dusun Kedongdong, Desa Blimbing, Kesamben, Kabupaten Jombang. Kemudian warga khawatir peristiwa lumpur Lapindo yang terjadi di Sidoarjo beberapa tahun silam terjadi di tempat mereka.

Kemudian, Mengapa PT Lapindo mendirikan di sekitar Desa tersebut dikarenakan, Kabupaten Jombang merupakan salah satu wilayah kerja yang potensial, karena dari beberapa kajian serta bukti-bukti yang ada di lapangan, salah satunya dari sumur yang di bor oleh PT Kimia Farma, ditemukan kandungan gas. PT Kimia Farma sendiri diketahui selama puluhan tahun terakhir, telah melakukan eksploitasi di sekitar wilayah itu.

Usai sosialisasi kemarin, Public Relation (PR) Manager PT Lapindo, Arief Setyo Widodo juga mengungkapkan, sosialisasi yang dilakukan kepada warga Desa Blimbing, Kesamben, Jombang ini adalah untuk menginformasikan rencana kegiatan yang akan dilakukan oleh pihaknya, meskipun kemarin terjadinya penolakan oleh warga sebelumnya, dikarenakan adanya mis komunikasi.

Arif juga menambahkan selama ini pihaknya masih sebatas melakukan pendekatan kepada warga sekitar rencana pengeboran dan selanjutnya, ada sebagian warga yang merasa belum tersentuh. Setelah diadakan sosialisasi tersebut, pihaknya akan melakukan pengerjaan pemadatan tanah di lokasi yang akan dipakai pengeboran.

“Warga ini kurang jelas, jadi apa yang sudah kita infokan kemarin, memang sosialisasi belum kita lakukan, karena kita belum ada kegiatan fisik yang akan kita lakukan.  Dikarenakan memang kita belum ada kegiatan sama sekali, baru sekarang kita mulai ada kegiatan, baru kita laksanakan sosialisasi ini dan alhamdulillah warga sudah bisa mengerti. Insya Allah tadi sudah dapat persetujuan dari semua warga, mulai minggu inilah kita memulainya mas,” terangnya.

Adanya sosialisasi tersebut muncul karena usulan dari warga agar ada rumusan permintaaan dari masyarakat dalam bentuk Momerandum of Understanding (MoU) dari perwakilan warga supaya, Pemerintah akan mengawal permintaan dari warganya agar hak-hak warga bisa terakomodir.

Untuk diketahui, dalam Acara Tasyakuran HUT Ke-5 FORSILAD ini sendiri digelar selama dua hari mulai dari 14 Juli hingga 15 Juli 2018. Selain tasyakuran, berbagai kegiatan, seperti pawai patrol juga digelar dengan melibatkan sejumlah warga dari berbagai dusun di Desa Blimbing, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang.

Reporter : Taufiqur Rachman

Komentar

News Feed