oleh

Daging Impor Pengaruhi Harga Hewan Qurban

Jombang – Impor daging menjadi penyebab harga hewan qurban terutama sapi. Dua pekan menjelang Hari Raya Idul Adha 1439 H, yang biasanya menjadi keberuntungan para pedagang Qurban di Jombang. Tidak demikian untuk tahun, karena digerojok daging impor, harga sapi qurban menurun, sehingga mempengaruhui keuntungan para pedagang hewan qurban. Padahal di musim kemarau seperti sekarang ini, berat sapi semakin bagus dan harga penjulannnya seharusnya bisa maksimal.

Seperti yang diungkapkan H Amin, seorang peternak sapi dari Dusun Kandangan, Desa Kepuhkembeng, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang. Menurut peternak sapi ini, kenaikan harga yang sangat tipis itu dipengaruhi adanya daging impor yang masuk ke pasaran.

“Kenaikan harga sapi sekarang tidak seberapa, paling lima persen naiknya. Misalnya yang semula itu seharga 20 juta rupiah dan untuk sekarang jadi 21 juta. Karena daging sapi impor banyak yang masuk,” ungkap H Amin saat ditemui awak media, Kamis (02/08/2018).

Meski begitu, H Amin juga mengakui, pada momen menjelang Idul Adha untuk tahun ini. Permintaan daging sapi di pasaran meningkat sehingga mempengaruhi jumlah stok sapi yang sediakannya.

“Kalau kondisi normal terjual empat hingga lima ekor sapi. Namun pada moment Idul Adha, kami siapkan 200 ekor sapi. Itu juga untuk dikirim ke Bandung, Jakarta dan beberapa kota lain,” paparnya.

Pemilik koleksi sapi berjenis Limosin, Simental, dan Sapi Madura. H Amin juga mengatakan, pada musim kemarau seperti ini, berat sapi rata-rata potongannya malah lebih bagus.”Kalau pada musim hujan agak jelek (beratnya). Karena faktor rumput (pakan) sehingga kadang sapinya mencret,” pungkasnya.

Reporter : Taufiqur Rachman

Komentar

News Feed