oleh

Peringati HUT RI Ke-73, IJTI Korda Majapahit Salurkan Bantuan Air Bersih

Jombang – Untuk memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Korda Majapahit, beserta sejumlah Jurnalis Jombang, memilih melakukan aksi kemanusiaan untuk merayakannya dengan menyalurkan bantuan air bersih ke daerah-daerah yang sedang mengalami krisis air bersih karena dampak musim kemarau di Desa Marmoyo, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, Rabu (01/08/2018).

Pantaun akurasinews.com setiba dilokasi, pada aksi dropping air pagi itu, langsung diserbu oleh warga setempat. IJTI Korda Majapahit mengirim pasokan air bersih dari PDAM Kabupaten Jombang sebanyak empat ribu liter air yang tersalurkan di beberapa titik krisis di Dusun/Desa Marmoyo, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang.

Kegiatan Sosial : Ketua IJTI Korda Majapahit, Mukhtar Bagus bersama para pengurus dan didampingi warga Desa Marmoyo, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang (Saha)

“Kondisi kekeringan di Desa Marmoyo ini sudah mulai memprihatinkan, jadi butuh perhatian dan respon yang cepat. Warga sudah mulai kesulitan air untuk kebutuhan masak dan kebutuhan rumah tangga lainnya,” kata Ketua IJTI Korda Majapahit, Mukhtar Bagus kepada akurasinews saat berada di Desa Marmoyo, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, Rabu (01/08/2018).

Menurut Mukhtar, penyaluran air bersih itu merupakan rangkaian acara untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke – 73 dan HUT IJTI Ke 20. Kemudian, dipilihnya aksi kemanusiaan ini, untuk merayakannya dengan menyalurkan bantuan air bersih ke daerah-daerah yang sedang mengalami krisis air, lantaran dalam beberapa minggu ini warga di sana merasakan kekurangan air bersih layak konsumsi, karena dampak musim kemarau di Desa Marmoyo.

“Dalam acara ini, kami ingin mengajak semua warga, sekaligus mengingatkan pada semua masyarakat bahwa merayakan HUT RI, tidak hanya cukup dengan berhura – hura dan berlomba saja. Melainkan dengan bersyukur dan berbagi dengan sesama seperti ini,” papar Jurnalis dari Televisi RCTI ini.

Sementara itu, Wasriah (35) salah satu warga Desa Marmoyo yang menerima bantuan air bersih dari Jurnalis Televisi mengatakan, bantuan yang dikirim ke daerahnya sangat membantu warga setempat. Dikarenakan, kondisi kekeringan yang melanda di Desa Marmoyo ini sudah berlangsung sejak bulan Juli lalu biasa terjadi pada setiap tahun, hingga bulan September mendatang.

“Mulai bulan kemarin mas, biasanya sampai bulan sembilan dan biasanya ya mengambil air dari sumber air di dalam hutan sana mas jauh. Dengan adanya bantuan ini, saya sangat berterima kasih kepada wartawan yang telah memberikan air bersih ini,” pungkasnya.
Reporter : Taufiqur Rachman

Komentar

News Feed