oleh

Boneka Kelinci dan Kain Pita jadi Penanda Koper CJH Jombang

Jombang – Tradisi penanda khusus di koper calon jamaah haji (CJH) khususnya Jombang tetap saja dilakukan agar merasa aman dan lebih mudah mengenali koper mereka masing-masing. Menurut Kepala Kemenag Jombang, Abdul Harris, penyelenggaraan haji tahun ini kopernya sudah ada penanda khusus yang disamakan dengan paspor.

Berbagai macam benda dijadikan penanda khusus sendiri di ribuan koper CJH kloter 78, 79, dan 80, saat berada di Aula Darul Hikmah Kemenag Jombang, Sabtu (11/08/2018). Penanda koper ini mulai dari memberi tanda, boneka kelinci, cangkir minum, guling, serta kain warna-warni hingga pita, dan wadah sambel juga ikut, supaya pada waktu pengambilan koper bisa langsung diketahui oleh pemilik koper Jamaah Haji dari Jombang.

“Pemberian tanda dengan barang-barang tertentu itu sebenarnya tidak perlu dilakukan lagi. Memang penyelenggaraan haji tahun ini kopernya sudah ada penanda khusus yang disamakan dengan paspor. Supaya memudahkan petugas haji untuk mengecek saat di bandara dan hotel,” ungkap Kepala Kemenag Jombang, Abdul Harris, kepada awak media, Sabtu (11/08/2018).

Sebelumnya, Kepala Kemenag Jombang sudah mengimbau kepada CJH pada waktu manasik Haji untuk tidak memasukkan barang-barang yang terlarang dalam koper.

“Kami sudah antisipasi waktu itu, ketika mensosialisasikan saat manasik kemarin. CJH kami harap membawa barang sesuai ketentuan dan kebutuhan saja, agar tidak melebihi batas,” jelasnya.

Namun, lantaran sudah menjadi tradisi CJH Jombang yang selalu menandai koper setiap rombongan agar lebih mudah saat mengenali kopernya.

Abdul Haris juga menambahkan, saat ini di Kabupaten Jombang memberangkatkan 1.117 CJH yang akan berangkat ke Tanah Suci untuk menunaikan rukun Islam kelima. Dengan begitu mereka juga sudah dinyatakan istitha’ah (mampu) mengikuti rangkaian ibadah haji dari sisi fisik dan kesehatan. Hanya saja 431 CJH lansia diimbau untuk waspada sebab mereka berisiko.

“Pengumpulan koper CJH kloter 78 dan 79 sudah dilakukan mulai jumat kemarin tanggal 10 Agustus 2018, sedangkan untuk sekarang CJH kloter 80 dikumpulkan 11 Agustus 2018. Kemudian koper ini akan diberangkatkan besok, minggu (12/08/2018) pukul 09.00 WIB, dan sorenya pada pukul 17.00 WIB di Pendopo memberangkatannya CJH kloter 78 dan untuk kloter 79 serta 80 diberangkatkan jam 6 pagi tanggal 13 Agustus 2018 sesuai kloter masing-masing,” pungkasnya.

Reporter : Taufiqur Rachman

Komentar

News Feed