oleh

65 Bacaleg Dinyatakan TMS oleh KPU Jombang

Jombang – Sebanyak 65 bakal calon legislatif (bacaleg)  dari total 574 bacaleg dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang. Dengan demikian, sisa 509 orang yang terdiri dari laki-laki maupun perempuan yang masuk dalam Bacaleg Daftar Calon Sementara (DCS) di KPU Jombang.

“Dari waktu pendaftaran jumlahnya ada 574, dengan jumlah laki-laki dan perempuan. Setelah kita lakukan verifikasi administrasi dan seterusnya berkurang menjadi 509 orang. Jadi berkurang sebanyak 65 orang,” ungkap Komisioner KPU Divisi Teknis, M. Dja’far kepada akurasinews.com di kantornya Jalan KH Romly Tamim, Selasa (14/08/2018).

Menurut M Dja’far, tidak TMS-nya 65 bacalag disebabkan oleh persoalan administrasi. “Rata-rata persoalannya itu administrasi, seperti ijazahnya tidak terlegalisir, hasil tes rohani tidak ada dan tidak ada keterangan dari Pengadilan dan ada juga yang mengundurkan diri,” terangnya.

Saat ditanya mengenai dari Partai Politik manakah yang paling banyak tidak lolos. M Dja’far  menyampaikan, bacaleg TMS didominasi dari partai Nasional Demokrat (NasDem). Kemudian usai pengumuman, pihaknya menunggu respon dari masyarakat untuk menentukan tahapan selanjutnya, yakni penetapan DCS menjadi Daftar Calon Tetap (DCT).

“Kebanyakan didominasi dari Partai NasDem ada 34 yang TMS dan dari Partai Hanura ada 13 bacaleg, sedangkan yang paling sedikit itu PBB hanya 1 bacaleg. Setelah pengumuman, kita tinggal menunggu tahapan tanggapan dari masyarakat,” pungkasnya.

Reporter : Taufiqur Rachman

Komentar

News Feed