oleh

Berkarya Ajukan Permohonan Penyelesaian Sengketa Pemilu

Jombang – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Berkarya Kabupaten Jombang, mangajukan permohonan penyelesaian sengketa proses Pemilihan Umum di Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Jombang pasca penetapan Daftar Caleg Sementara (DCS). Pasalnya, ada 9 bakal calon legislatif (bacaleg) Partai besutan Tomi Suharto ini, telah ditetapkan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang.

Dengan adanya hal itu, membuat pengurus partai mengajukan permohonan penyelesaian sengketa pemilu ke Panwaslu Kabupaten Jombang. “Sudah saya ajukan tadi dan sudah mendapatkan nomor registrasi,” ungkap Sekretaris DPD Partai Berkarya Jombang, Adang Dwi Widagdo saat ditemui awak media di kantor Panwaslu Kabupaten Jombang, Senin (13/08/2018).

Menurut Adang, pengajuan permohonan sengketa dilakukan setelah adanya beberapa poin yang belum sepaham antara parpol dengan KPU terkait alasan TMS beberapa bacalegnya. Dari 9 bacaleg yang dinyatakan TMS, lanjutnya, pihak parpol masih belum sepaham terkait beberapa penyebab TMS seperti soal ijazah.

“Kalau yang TMS karena memang krusial sesuai aturan baku seperti keterangan pengadilan, SKCK, kesehatan kita sepakat dan memang tidak bisa ditawar lagi. Namun soal ijazah kita masih belum sepaham, masih beda penafsiran,” jelasnya.

Adang menegaskan bahwa pihaknya memutuskan untuk mengajukan permohonan sengketa dengan obyek berupa keputusan KPU. “Untuk itu kita meminta Panwaslu untuk memediasi,” tegasnya.

Sementara itu, Komisioner Panwaslu Kabupaten Jombang Ahmad Udi Masjkur mengatakan bahwa, setiap peserta pemilu memang dapat memohonkan sengketa proses atas dikeluarkannya keputusan KPU dalam kaitannya tahapan pemilu.

“Setiap para pihak peserta pemilu berhak memohonkan upaya penyelesaian sengketa proses, atas dikeluarkannya keputusan KPU dalam kaitannya dalam tahapan pemilu. Karena undang – undang menjamin itu,” ujar Ahmad Udi Masjkur saat ditemui awak media di kantor Panwaslu Kabupaten Jombang, Selasa (14/08/2018).

Kemudian, saat disinggung mengenai adanya permohonan penyelesaian sengketa proses, Udi Masjkur juga mengatakan, akan segera merapatkan mengenai data yang sudah masuk pada Help Desk Panwaslu Kabupaten Jombang.

“Nantinya akan kita rapatkan dahulu. Kalau hari ini hal yang dipermohonkan sudah masuk, itu nanti kami akan segera menindaklanjutinya,” pungkasnya.

Reporter : Taufiqur Rachman

Komentar

News Feed