oleh

Belasan Tahun Buka Toko Kelontong, Raih Sukses dengan Jamu Herbal

Kediri – Kesibukan mengurus rumah tangga tidak menjadi penghalang untuk membuat sebuah usaha sampingan. Hal ini dibuktikan oleh Dadik Purwanti, pemilik home industri Jamu Tradisional herbal merk Radja di Ringinsari Kediri. Selama 4 tahun, di tengah kerasnya persaingan bisnis jamu herbal dia tetap semangat dan tekun sehingga membuahkan sukses seperti sekarang ini.

Diceritakan wanita berhijab itu, usaha jamu herbalnya berawal saat dia mencoba membuat minuman untuk mengisi toko kelontongnya. Kebetulan dia sejak 15 tahun silam memang membuka toko kelontongan. Diluar dugaan, dalam tempo waktu 2 minggu respon dari pelanggan jamunya cukup bagus, “Kata pelanggan, rasanya enak karena memang pakai gula asli,” kata Dadik

Peluang itupun tidak disia-siakan oleh Dadik, dengan berbekal semangat dan tekat yang kuat diapun mengemas jamu buatanya kedalam botol 300 ml. Kala itu, atau awal pembuatan belum ada merknya. Setelah berjalanan beberapa bulan, ada ajakan untuk mengisi Pameran di Kabupaten Kediri.

Selama di Pameran respon pengunjung sangat bagus sampai akhirnya jamu produksinya diberi merk. Satu bulan kemudian muncul merk Jamu Radja. Untuk saat ini, seiring dengan besarnya permintaan pasar, Dadik juga menyediakan kemasan ukuran 1 liter.

” Ya allhamdulilah dengan ada usaha ini kami bisa membantu biaya sekolah, Anak pertama sudah selesai Lulus dari ITS saat ini bergagung di kontraktor migas di Jakarta.Kedua Sekolah kedinasan dibawah Dinas Perhubungan Udara, Ketiga Kuliah di Unair, Keempat masih SD,” ujar Dadik Purwanti.

Dadik mengaku ingin mengembangkan usahanya dengan membangun Gudang, kemudian sewa Space untuk bikin retail Shop di Mall-Mall. Serta berminat untuk menjual Online supaya bisa menembus pasar luar daerah Kediri.

Ketika ingin memulai usaha, kata Dadik, tidak dibutuhkan pendana. Yang paling menurutnya diperlukan adalah “DUIT”. “D” = Do / kerjakan saja. Tidak usah mengharap kondisi ideal dulu, karena kondisi ideal akan tercipta dengan sendirinya.

“U” = Usaha halal. Apapun usahanya, kalau halal Insya Allah berkah dan lancar. “I” = Istiqomah atau konsisten. Jangan mudah pindah haluan. “T” = Thanking God alias bersyukur. Apapun hasil yg diperoleh. Baik untung maupun rugi. Karena dalam rugipun kita masih mendapatkan keuntungan berupa pengalaman yang akan menghindarkan kita dari kerugian dikemudian waktu.

“Saya berharap budaya minum Jamu di Kabuaten Kediri harus ditingkatkan karena setiap hari minum jamu membuat tubuh semakin sehat. Jika badan sehat bekerja pun jadi lancar. Dan Bapak presiden kita Jokowi Selalu minum Jamu tiap hari.”  Pungkas Dadik (*)

Reporter : Rianto

Komentar

News Feed