oleh

Bupati Jombang Paparkan Tantangan 5 Tahun Kedepan

Jombang – Sebelum menyampaikan visi misi, Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab, terlebih dahulu memaparkan tantangan yang dihadapi Kabupaten Jombang lima tahun mendatang pada rapat istimewa yang digelar DPRD Selasa (02/10/2018).

Tantangan itu diantaranya, indeks pembangunan manusia (IPM) dimana pada tahun 2017 sebesar 72,2 persen, angka ini lebih tinggi dibandingkan IPM Jawa Timur (Jatim), yang sebesar 69,98 persen. Selama ini, trend perkembangan IPM Kabupaten Jombang selama empat tahun terakhir mengalami peningkatan sebesar 3,13 atau mengalami rata-rata pertumbuhan sebesar 1,5 persen per tahun.

Namun demikian, untuk kemampuan daya beli masyarakat di Kabupaten Jombang masih perlu ditingkatkan agar tidak menahan laju pertumbuhan IPM. Tantangan Kedua, tingkat pengangguran terbuka (TPT), dimana pada tahun 2017 di kota santri sebesar 5,14 persen. Sementara TPT Jatim sebesar 4,00 persen. Selama lima tahun terakhir TPT Kabupaten Jombang mengalami fluktuasi atau naik turun dengan deviasi sekitar 1 persen setiap tahun.

“Tantangan yang yakni tingkat kemiskinan dimana pada tahun 2017 sebesar 10,48 persen. Angka ini sedikit lebih baik dibanding tingkat kemiskinan Provinsi Jatim yang sebesar 10,98 persen. Namun demikian, angka ini masih diatas kemiskinan nasional yang sebesar 9,82 persen. Selama lima tahun terakhir tingkat kemiskinan Jombang menurun hanya sebesar 0,69 persen,” papar Bupati yang akrab disapa Bu Mun tersebut.

Reporter : Taufiqur Rachman

Komentar

News Feed