oleh

Puluhan Kios Pasar Legi Jombang Ludes Dilalap ‘Jago Merah’

Jombang – Puluhan kios pasar legi yang berada tepat di di Jalan Seroja, Kecamatan/Kabupaten Jombang, ludes dilalap si ‘jago merah’ (api,red). Meski tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Minggu (17/03/2019)

Pantauan pewarta media ini dilokasi, tepat lima menit setelah api melalap kios yang berjajar dipinggir jalan sepanjang 50 meter ini, dua mobil Damkar dari PMK Jombang langsung tiba untuk melakukan pemadaman di sisi belakang kios yang berdekatan dengan perkampungan warga sekitar.

Namun, karena tampungan air dua mobil damkar ini belum bisa memadamkan seluruh kobaran api yang menyala di sisi tengah kios yang biasanya berjualan sayur-sayuran terus membesar. “Api bermula di kios penjual arang dan kayu bakar di tengah-tangah kebakaran itu mas. Waktu terjadi kebakaran kondisi pasar masih dalam keadaan sepi,” kata Anto pedagang kios buah, yang sudah menutup kios sekitar 30 menit sebelum terjadi kebakaran.

Mengetahui kobaran api, lanjut Anto para pedagang dan warga berbondong-bondong melakukan pemadaman dengan peralatan seadanya. Namun, upaya warga serta pemilik kios untuk memadamkan api tak kunjung membuahkan hasil, “Apinya semakin membesar dan membakar puluhan kios termasuk kios saya mas,” jelas Anto

Informasi dari Kepala Kepolisan Sektor Jombang Kota, Ajun Komisaris Polisi Suparno mengungkapkan, diperkirakan kebakaran terjadi sekitar pukul 23.45 WIB. “Titik awal sumber api dari bidak (kios) Bapak Jadi yang berjualan arang sama barang-barang yang mudah terbakar,” ungkapnya

Dari keterangan saksi, lanjut AKP Suparno belum dapat memastikan berapa total kios yang terbakar namun mencapai puluhan “Diperkirakan ada 30 kios yang terbakar disini dan Alhamdulillah tidak ada korban jiwa karena hampir tutup semua kalau sudah sore. Tapi saat malam itu, untung masih ada warga yang bangun menonton sepakbola tadi,” jelasnya.

Meski sempat membesar, lanjut AKP Suparno kobaran api tidak sampai ke pemukiman warga yang berada diarea belakang pasar “Dibelakang pasar ada pemukiman, dan warga langsung membantu melakukan pemadaman bersama dengan anggota Polsek dan petugas PMK yang langsung melokalisir titik api agar tidak semakin membesar dan meluas,” terangnya.

Api baru dapat dipadamkan petugas bersama warga sekitar satu setengah jam kemudian. Hingga saat ini, pihak kepolisian belum bisa dipastikan berapa total kerugian akibat kebakaran di Jalan Seroja ini. Namun ditaksir mencapai puluhan juta rupiah “Dari anggota kita masih mengali lagi saksi-saksi dilokasi dan nanti akan mengidentifikasi total kerugian akibat kebakaran ini,” pungkas AKP Suparno

Reporter  : Taufiqur Rachman

Editor      : Agus Karyono

Komentar

News Feed