oleh

Suryo Alam : Langkah Legislatif, Dorong Pemerintah Majukan Desa Wisata Kota Santri

Jombang – Besarnya potensi wisata desa untuk memajukan ekonomi masyarakat tak akan bisa terwujud tanpa adanya peran serta dari pihak terkait, salah satunya adalah pemerintah. Melalui aspirasi yang diterimanya dari masyarakat, anggota Komisi X DPR RI, Suryo Alam, memberikan masukan kepada pemerintah untuk menghidupkan wisata desa.

Hal itu disampaikan Suryo Alam, dalam acara Pembinaan Pengembangan Desa Wisata di Provinsi Jawa Timur, di aula hotel Yusro, Kamis (21/3/2019). Menurutnya, desa memiliki segudang potensi bisnis yang menguntungkan untuk bisa diangkat menjadi komoditas dan dipoles dengan manajemen strategi yang tepat untuk menjadi desa wisata.

“Yang kita lakukan ini merupakan langkah dari legislatif (dewan). Disini saya mendorong pada eksekutif (pemerintah) baik Kabupaten maupun pusat, untuk bisa membantu menghidupkan atau memajukan wisata Desa, khususnya di Jombang,” ungkap Suryo Alam kepada awak media disela-sela acara di Hotel Yusro Jombang.

Selama ini, lanjut Suryo Alam, salah satu permasalahan yang dihadapi dalam pengembangan wisata yakni terkait perijinan ataupun yang lainnya.“Masalah-masalah perijinan, siapa yang mengelola, atau bagaimana daya sinergitas antara masyarakat umum, dengan penguasa desa atau kabupaten. Namun yang menjadi kendala selama ini, ialah siapa yang mengelola wisata, dan apakah mereka diberi ijin apa tidak,” jelasnya.

Demi perkembangan liding sektor wisata dalam potensi kemajuan Kabupaten Jombang biasanya paling utama adalah pihak pemerintah dan  para pelaku wisata selalu melakukan sinergitas agar Desa Wisata ini berkembang di kota santri “Semisal masyarakat sekitar siap apa tidak kalau ada wisatawan yang datang, dan bagaimana pengelolaan wisata, mulai dari pemasaran, promosi wisata itu sangat penting,” terangnya.

Untuk diketahui acara tersebut, dihadiri oleh perwakilan dari dinas dan pemerintah desa yakni, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Jombang yang diwakili oleh Kabid Pemasaran Pariwisata, Tony Prasetyo Wibowo serta Asisten Deputi Pengembangan SDM Pariwisata dan Hubungan Antar Lembaga yang diwakili oleh Pairan dan Kepala Desa Wisata Pujon Kidul Malang, Udi Hartoko.

Reporter  : Taufiqur Rachman

Editor      : Agus Karyono

 

Komentar

News Feed