oleh

Dokter Tien Farida : WKD Ingatkan Pentingnya Menjaga Kesehatan Ginjal

Nganjuk – “Hari Ginjal Sedunia (World Kidney Day), adalah hari dimana kita diingkatkan untuk menjaga kesehatan ginjal, karena seperti kita ketahui ginjal adalah salah organ yang sangat vital atau sangat penting bagi tubuh kita. Ginjal berfungsi mendetoksifikasi atau menyaring darah dan membuang kelebihan air tubuh untuk menyaring bahan limbah melalui urine,” kata dokter Tien Farida, direktur RSUD Kertosono mengawali perbincangan dengan akurasinews.com, Senin (25/03/2019)

Selain itu, lanjut dokter Tien Farida, ginjal juga membantu dalam mengatur tekanan darah karena menghasilkan hormon penting yang dibutuhkan tubuh, serta dalam produksi sel darah merah yang membawa nutrisi penting dan oksigen ke seluruh tubuh, “Makanya minggu kemarin RSUD Kertosono mengadakan acara family gathering dengan mengundang para pasien yang sudah melakukan cuci darah atau hemodialysis,” paparnya.

Dengan mengundang para pasien Gagal Ginjal Terminal (GGT) kita ingin memberikan semangat, bahwa penyakit itu masih bisa diobati, “Kita tetap dorong semangat para pasien, jangan putus asa dan menyerah, sebenarnya selain cuci darah untuk pasien ginjal ini juga bisa dilakukan pengobatan dengan cara lain yakni peritoneal dialysis dan transpalantasi ginjal. Tapi dari semua metode pengobatan yang terpenting adalah pasien tetap kita beri motivasi agar tidak putus asa,” jelas dokter Tien Farida.

Family Gathering : Acara Family Gathering untuk memperingati “World Kidney Day” digelar RSUD Kertosono dengan mengundang para pasien gagal ginjal dan Forpimda, dengan acara ini RSUD Kertosono berharap para pasien tetap optimis dan berjuang melawan penyakitnya (by facebook RSUD Kertosono for akurasinews.com)

Yang lebih penting, kata dokter Tien Farida lagi, melakukan pencegahan itu yang seharusnya dilakukan sehingga jangan sampai mengalami gagal ginjal dengan cara menjaga pola makan minum dan menerapkan hidup sehat, “Minum air putih yang banyak, batasi makanan tertentu terutama yang mengandung bahan kimia, batasi mengkonsumsi garam dan gula, dan yang paling penting saran saya jangan merokok,” ungkapnya.

Kenapa saya sarankan banyak minum air putih, kata dokter Tien Farida lagi, cara mencegah penyakit ginjal yang pertama adalah dengan banyak minum air putih. Memang dengan banyak minum air putih kita akan jadi sering buang air kecil, “ Itu justru cara tubuh untuk membuang zat sisa dan racun, sebelum zat-zat tersebut mengendap dan menjadi batu ginjal. Sumbatan karena batu ginjal bisa menimbulkan nyeri yang menyiksa, selain itu juga mengakibatkan gangguan lainnya pada ginjal, itu maksudnya,” urainya.

Mengenai pembatasan makanan, imbuh dokter Tien Farida yang kami maksudkan adalah makanan yang mengandung zat yang bisa menjadi pemicu timbulnya batu ginjal, misalnya bahan makanan yang mengandung oksalat, seperti cokelat, seledri, gandum, kacang-kacangan, olahan kedelai. Protein hewani, seperti daging ayam dan sapi, juga bisa menyebabkan pembentukan batu ginjal.

Family Gathering : Acara Family Gathering untuk memperingati “World Kidney Day” digelar RSUD Kertosono dengan mengundang para pasien gagal ginjal dan Forpimda, dengan acara ini RSUD Kertosono berharap para pasien tetap optimis dan berjuang melawan penyakitnya, (Kana) dokter Tien Farida direktur RSUD Kertosono (by facebook RSUD Kertosono for akurasinews.com)

“Tapi maksud saya membatasi, bukan berarti harus menghindari. Karena banyak dari makanan tersebut yang kaya akan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Intinya bukan melarang tapi membatasi agar tidak kelebihan, sehingga mengakibatkan batu ginjal,” katanya.

Mengenai konsumsi garam dan gula masih menurut dokter Tien Farida, seperti diketahui bersama terlalu banyak garam bisa meningkatkan tekanan darah yang pada akhirnya akan menyebabkan gangguan pada organ-organ tubuh, termasuk ginjal.

Begitu juga gula, kadar gula darah yang tinggi dapat merusak pembuluh darah kecil yang ada di ginjal dan juga di bagian tubuh lain. Jadi, jika Anda punya penyakit diabetes atau hipertensi, jaga selalu kadar gula darah dan tekanan darah Anda agar jangan sampai mengganggu kerja ginjal,” jelasnya.

Dari beberapa macam cara mencegah terjadinya gagal ginjal adalah dengan cara berhenti merokok, salah satu dari sekian banyak kerusakan organ tubuh disebabkan oleh rokok termasuk ginjal, “Saran saya lebih baik mencegah daripada mengobati, kesehatan itu sangat penting, rokok tidak hanya akan merusak ginjal tapi juga menyebabkan penyakit lain seperti kanker dan paru-paru, jadi selagi ada waktu dan masih belum terlambat, berhenti merokok. Periksakan secara rutin ke dokter agar cepat terdeteksi apabila tubuh kita mengalami gangguan atau penyakit,” tutupnya. (Advetorial)

Reporter  : Agus Bima

Editor      : Agus Karyono

 

Komentar

News Feed