oleh

‘Gelar’ 36 Pahe di Lapangan Futsal, Pengedar Sabu ‘Diserbu’

Jombang – Satuan Reserse Narkoba Kepolisian Resort Jombang menangkap salah satu pengedar sabu-sabu dilapangan futsal di Desa Mojounggul, Kecamtan Bareng, Jombang. Pengedar bernama Saiful Rohman (25) yang sering disapa Iip warga Desa/Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang itu ‘diserbu’ atau ditangkap petugas saat ‘menggelar’ 36 paket hemat (Pahe) serbuk sabu.

“Tersangka ini sudah menjadi TO (Taget Operasi) sejak dua bulan lalu,”  ungkap Kasat Resnarkoba Polres Jombang, AKP M. Mukid ketika menggelar rekonstruksi penangkapan di Mapolres Jombang, Jumat (29/3/2019).

Pekerjaan pelaku, kata AKP Mukid, sebenarnya adalah menggarap proyek. Namun karena sepi dan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari Iip menjual narkotika golongan satu ini diwilayah Jombang dan luar kota.

“Dari tangan pelaku kita sita barang bukti 5 gram sabu yang sudah terbungkus rapi menjadi 36 paket hemat, didalam bungkus rokok, diperkirakan per paket ini kalau dijual seharga Rp 500 ribu, bila total keseluruhan senilai Rp 20 juta rupiah,” terang AKP Mukid.

Pelaku, lanjut AKP Mukid, mendapat pasokan kristal sabu dari seorang bandar besar yang masih dalam pengejaran. “Dalam melakukan transaksi, Bandar besar ini menggunakan system ranjau, saat ini kami masih melakukan pengejaran kepada pemasok sabu-sabu ini,” paparnya.

Karena perbuatannya menjual narkoba golongan satu ini, pelaku dikenakan Pasal 114 ayat (1) jo Pasal 112 ayat (1) jo pasal 127 ayat (1) huruf a UU RI no. 35 tahun 2009 tentang Narkotika. “ Untuk ancaman hukumannya 12 sampai 20 tahun penjara, dan denda Rp 8 sampai Rp 10 miliar,” pungkasnya.

Reporter : Taufiqur Rahman

Editor     : Agus Karyono

Komentar

News Feed