oleh

3.356 Peserta Didik Kota Santri, Terima Beasiswa Jalur Aspirasi DPR RI

Jombang – Ribuan peserta didik dari Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) mendapat beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) jalur aspirasi yang dibawa oleh Anggota komisi X DPR RI, Suryo Alam. Tak hanya itu, politisi partai Golkar ini juga memberikan bantuan komputer ke SMP di Jombang, Jumat (5/4/2019).

Dari jumlah total keluruhan siswa yang sudah mendapatkan bantuan PIP yang telah diusulkan oleh Suryo Alam, sedikitnya ada 3.356 siswa yang menerima beasiswa di Kota Santri dan untuk nominal berbeda-beda sesuai jenjang pendidikan. Untuk tingkat SD, MI mendapatkan Rp 450 ribu, sedangkan untuk SMP, dan MTs mendapat bantuan Rp 750 ribu sedangkan untuk peserta didik SMA, MA atau SMK Rp 1 juta.

Untuk Kota Santri : Anggota Komisi X DPR RI M Suryo Alam mengatakan beasiswa jalur aspirasi untuk ribuan peserta didik dipergunakan untuk Jombang pintar dan cerdas (Saha)

“Kita salurkan kepada 3.356 siswa dari berbagai jenjang. Untuk SD, MI ada 1291 sedangkan untuk SMP, MTs ada 897 serta SMA, MA ada 304 dan SMK ada 867 peserta didik yang telah mendapatkan beasiswa PIP jalur aspirasi ini, karena itu saya ingin memang merata untuk bantuan ini di Jombang,” ungkap Suryo Alam kepada awak media, usai acara pnyerahan PIP di Balai Desa Pulo Lor, Kecamatan/Kabupaten Jombang.

Menurut Suryo Alam, pembagian beasiswa ini memang sengaja dilakukan secara merata di seluruh pelosok Kabupaten Jombang, meskipun ada beberapa sekolah yang memang belum dapat bantuan karena mengingat jumlah sekolah di Jombang sangatlah banyak. Kemudian, Politisi fraksi partai berlambang pohon beringin ini juga menegaskan, banyak sekali anggota dewan yang memberikan bantuan untuk masyarakat, namun bantuan tersebut biasanya berupa infrastruktur atau dalam bentuk lain.

“Setidaknya kita telah memulai, menjadi anggota dewan yang ikut memperhatikan, generasi penerus, terutama pemberian beasiswa pendidikan untuk siswa. Tentunya pendidikan dan kesehatan itu penting, makanya kami memulai di Jombang, sejak tahun 2018 diusulkan, dan dibagikan pada tahun 2019,” tegasnya.

Lebih lanjut Suryo Alam menambahkan, bantuan dari pemerintah pusat kepada setiap kabupaten hingga pemerintah provinsi sangatlah banyak, tetapi pemberian bantuan yang diberikannya ini juga bertujuan untuk melengkapi bantuan dari pemerintah pusat. Seperti salah satunya tadi calon anggota legislatif (caleg) dapil 8, dari partai Golkar ini juga memberikan bantuan komputer ke sejumlah sekolah SMP di Jombang yang sebelumnya tidak memiliki laboratorium komputer dan kalau ujian UNBK harus ke sekolah lain.

“Tadi siang kita membagikan computer komplit dengan sarana prasarana pendukung lainnya, pada sejumlah sekolah, karena beberapa SMP itu kalau UNBK masih numpang ke sekolah lain, makanya kita kasih bantuan agar bisa menyelenggarakan UNBK secara mandiri. Kita juga berharap bantuan ini kami menginginkan generasi penerus dan masyarakat kedepan pinter-pinter dan gak ada kendala biaya,” pungkasnya.

Reporter : Taufiqur Rachman

Editor     : Agus Karyono

Komentar

News Feed