oleh

Bawaslu Jombang Gelar Bimtek Kepada Ribuan Pengawas TPS

Jombang –  Untuk menciptakan pemilu berkualitas, Pemilihan Presiden maupun Pemilihan Legislatif dan DPD pada 17 April 2019 nanti, sebanyak 4.295 petugas Pengawas TPS diberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Jombang untuk persiapan pengawasan di tingkat TPS pada Pemilu yang tinggal menghitung hari tersebut.

Menurut Ketua Bawaslu Kabupaten Jombang, Ahmad Udi Masjkur, Bimtek dilakukan sejak periode 11-13 April. Pembekalan dilakukan oleh masing-masing Pengawas Pemilu Kecamatan.

“Pembekalan kita lakukan secara bertahap, ini pembekalan yang kedua setelah sebelumnya kita lakukan di periode 25 Maret lalu,” ungkap Ahmad Udi Masjkur kepada akurasinewscom, Jumat (12/4/2019).

Udi Masjkur juga menerangkan bahwa, materi bimtek yang diberikan kepada Pengawas TPS meliputi tentang fungsi pengawasan di TPS dan teknis pelaporan pengawasan.

“Fungsi PTPS ini termasuk akan melakukan fungsi pemetaan. Kita minta melalui pengawas desa untuk memetakan potensi-potensi rawan. Misalnya TPS dengan faktor cuaca. Terus berkaitan dengan pendirian TPS berkaitan dengan cuaca, dan aman dari faktor keamanan dan ketertiban, serta jangkauan dari masyarakat, serta ada atau tidak pemilih pindahan,” paparnya.

Lebih lanjut Ahmad Udi Masjkur menambahkan, Bimtek yang diberikan tersebut bertujuan untuk memaksimalkan pengawasan di titik paling depan pelaksanaan pemilu.

“Kita siapkan betul SDM (sumber daya manusia) kita ini untuk melakukan pengawasan di titik terdepan. Kita usahakan semaksimal mungkin berupaya menjalankan fungsi pengawasan sesuai ketentuan,” tegasnya.

Udi Masjkur menegaskan, bahwa petugas Pengawas TPS ini akan mulai bekerja melaporkan hasil pengawasannya pada 14 April besok.

“Tanggal 14 mereka sudah mulai bekerja. Karena tanggal 14 pengawas TPS sudah mulai kita mintai laporannya secara berkala untuk pengawasan tentang distribusi C6,” pungkas Ahmad Udi Masjkur (Advetorial)

Reporter : Taufiqur Rahman

Editor      :  Agus Karyono

 

Komentar

News Feed