oleh

Kadinsos Beri Motivasi Keluarga Balita Hidrosefalus Kota Santri

Jombang – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Jombang berkunjung ke kediaman, balita penderita hidrosefalus bernama Mohammad Multazam (5) putra kedua pasangan Fatkur Rohman dan Maslikah warg Desa Bendungan, Kecamatan Kudu, Jombang, Jawa Timur.

Kehadiran Kepala Dinsos Jombang, Mohammad Saleh beserta tim ini bertujuan untuk melakukan pengecekan ke lokasi dimana, Multazam yang mengalami kondisi penumpukan cairan di dalam otak (hidrosefalus) yang membuat orang tuanya hanya bisa pasrah dengan kondisi anaknya saat ini.

Sebelumnya, kondisi yang sama juga pernah dirasakan oleh kakak kandung Multazam (anak pertama) yang kemudian tak tertolong karena hidrosefalus yang dideritanya mengakibatkan tekanan pada otak sehingga meninggal. Kemudian, kisah putra pasangan suami istri tersebut diunggah di sejumlah media sosial (medsos) hingga viral di jagad dunia maya, karena orang tuanya pasrah dengan kondisi Multazam yang saat ini tengah menderita hidrosefalus.

“Hasil identifikasi bahwa keluarga tersebut telah mendapat perlindungan sosial berupa Kartu Indonesia Sehat (KIS), serta pernah mendapat bantuan disabilitas 300 ribu per bulan pada tahun 2017,” ungkap Kepala Dinsos Jombang, M Saleh kepada awak media, Senin (15/4/2019).

Menurut Kadinsos Jombang, pihaknya memberikan langkah untuk melakukan koordinasi dengan beberapa pihak untuk memfasilitasi pengobatan balita yang masih berusia lima tahun ini.

“Penanganan medis terhadap Multazam, Dinsos telah koordinasi dengan Kades, Puskesmas, dan RSUD Jombang, bahwa pada prinsipnya Pemkab Jombang, siap untuk memfasilitasi pengobatan balita tersebut,” tegasnya.

Lebih lanjut, Saleh juga mengatakan, meskipun orang tuanya telah pasrah dan masih mengalami trauma atas pengalaman anak pertamanya yang kali ini kembali menimpa anak keduanya, Dinsos akan terus memotivasi dan akan memantau perkembangan balita tersebut.

“Untuk itu Dinsos dengan para pendamping sosialnya akan terus memotivasi dan mengawal keluarga tersebut, agar Multazam betul-betul mendapat bantuan medis sebagaimana mestinya,” pungkas Saleh.

Reporter : Taufiqur Rahman

Editor      : Agus Karyono

Komentar

News Feed