oleh

Anggota Polres Jombang, Kawal Ketat Penarikan Logistik Hasil Pemilu 2019

Jombang – Selesai rekapitulasi di tingkat kecamatan, KPU Jombang melakukan penarikan logistik hasil pemilu 2019. Dengan pengawalan ketat polisi senjata laras panjang secara keseluruhan proses penarikan di Kota Santri berjalan lancar, Rabu (23/4/2019).

Pantauan akurasinews.com di kantor Kecamatan Ploso, ada sekitar 20 anggota Sabhara Polres Jombang dan 30 anggota Satlantas diterjunkan untuk mengawal penarikan surat suara. Tampak terlihat sejumlah anggota dari unit Sabhara Polres Jombang bersenjata laras panjang lengkap dengan rompi body fiz (rompi anti peluru) mengamankan proses pemindahan kotak suara tersebut dari gudang penyimpanan PKK Kecamatan ke truk pengangkut kotak suara.

Kemudian saat proses perjalanan dari Kecamatan Ploso menuju ke gudang KPU Jombang di Jalan KH Romli Tamim, Desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto, Jombang, kotak suara ini terus dikawal anggota Polres Jombang.

Pengamanan kotak suara yang dipimpin oleh Wakil Kepolisian Resort Jombang, Komisaris Polisi Budi Setiyono menyampaikan bahwa, dalam pengiriman logistik KPU Jombang, sekitar 235 Personel anggota Polres Jombang diterjunkan untuk mengamankan jalannya Pemilu 2019 di Kabupaten Jombang,

“Pengamanan ini dilakukan 24 jam. Kita sudah dirikan 3 tenda pos pengamanan di kantor KPU,” ungkap Wakapolres Jombang, Kompol Budi Setiyono kepada akurasinews.com di kantor KPU Jombang.

Dalam pengamanan kotak suara, lanjut dua lokasi gudang yang telah siapkan oleh KPU, di gudang pertama ada di Kantor KPU Jombang dan kedua di gudang KPU yang berada di Jalan KH Hasyim Asy’ari, Kelurahan Kaliwungu, Kecamatan Jombang. Dan pengawalan ini akan berlangsung hingga tahapan pemilu selesai.

“Pengamanan ini mulai dari tahapan pemilu sampai rekapitulasi di KPU. Dan berakhirnya sampai selesainya tahapan sengketa di mahkama konstitusi, mengingat kotak suara ini akan berada di kantor kpu sampai tahapan usai,” terangnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Jombang, Muhaimin Shofi mengatakan, tahapan penarikan kotak suara ini dimulai pada hari ini, sekitar ada 5 kecamatan yang sudah siap ditarik, yakni di Kecamatan Ploso, Megaluh, Ngusikan, Mojoagung dan Plandaan. Kemudian ada 21.475 kotak suara bisa cukup tersimpan di dua gudang tersebut.

“Penarikan logistik yang sudah selesai rekap di kecamatan kita tarik keseluruhan, kita fokuskan di gudang KPU dan penarikan kotak suara ini terkahir sebelum tanggal 30 April,” pungkasnya.

Reporter : Taufiqur Rachman
Editor      : Agus Karyono

Komentar

News Feed