oleh

Jalur ‘Lumpuh’ Terendam Banjir, Puluhan  Penumpang KA di Stasiun Jombang Dialihkan

Jombang – Lumpuhnya jalur kereta api di KM 58 +2/3 wilayah Daop 9 di Stasiun Bangil, akibat curah hujan tinggi rel kereta di Pasuruan terendam banjir. Akibatnya, puluhan penumpang jurusan Jombang menuju Jogjakarta di Stasiun Jombang terpaksa harus mengembalikan tiket dan diganti dengan kereta lainnya.

Arah Banyuwangi : Kereta Api Sritanjung dari arah barat tujuan Lempuyangan menuju Banyuwangi tiba di Stasiun Jombang (Saha)

Dari data yang diterima awak media, banjir di Pasuruan yang menyebabkan jalur rel tak bisa dilalui karena tergenang air setinggi 15 centimeter pada Minggu (28/04/2019) pukul 23.15 WIB. Namun akibat luapan banjir yang menggenangi rel kereta api yang tak kunjung surut, Daop 9 Jember terpaksa harus mengalami keterlambatan keberangkatan 3 kereta api yakni, KA 101 (Ranggajati) relasi Jember menuju Cirebon, KA 187 (Logawa) tujuan Jember ke Purwokerto dan KA 193 (Sritanjung) relasi  Banyuwangi menuju Lempuyangan yang juga melewati Stasiun Jombang wilayah Daop 7 Madiun.

Periksa Tiket : Petugas bagian tiket saat memeriksa tiket dan KTP penumpang di Stasiun Jombang (Saha)

Menurut keterangan Kepala Stasiun Jombang, Sutrisno, akibat banjir yang melanda wilayah Pasuruan. 62 penumpang dari Kereta Api Sri Tanjung harus dialihkan ke KA Gaya Baru yang juga masih tersedia tiga ratus lebih set (tempat duduk)

“Selain KA Sri Tanjung, dari arah timur ada 2 KA Rangajati yang estimasi keberangkatan pukul 10.33 WIB dan KA Logawa berangkat pukul 11.05 harus mengalami keterlambatan. Jadi untuk pengalihan penumpang tujuan Solo ataupun ke Jogjakarta kita alihkan ke KA Gaya Baru masih ada kursinya, kecuali untuk Purwokerto sudah habis,” ungkap Sutrisno di Stasiun Jombang, Senin (29/4/2019).

Sutrisno mengatakan, jalur diperkirakan akan normal kembali pukul 14.00 WIB dan kereta api bisa berangkat dari Surabaya pukul 15.00 WIB. Kemudian, untuk para penumpang yang telah membatalkan keberangkatannya tiket akan dikembalikan penuh khusus 3 kereta api tersebut.

Keterlambatan : Kepala Stasiun Jombang, Sutrisno ketika menjelaskan terkait keterlambatan akibat rute yang tergenang banjir di Stasiun Jombang (Saha)

“Sesuai dengan peraturan, kita akan informasi ulang untuk penumpang yang sudah memesan tiket kereta bisa dibatalkan dan uangnya akan dikembalikan penuh sesuai dengan harganya,” terangnya.

Terpisah, Edi Siswato (43) salah satu penumpang Kereta Api Rangajati tujuan Jogjakarta harus kecewa meskipun telah membeli tiket jauh-jauh hari sebelumnya, karena setiba di Stasiun Jombang kereta yang ditumpanginya mengalami keterlambatan berjam-jam hingga tidak tahu kepastian kedatangannya.

“Mendengar ada keterlambatan kereta karena dampak banjir di Pasuruan, saya terpaksa harus menganti dengan kereta api Gaya Baru. Meskipun dirugikan karena saya juga kejar waktu, jadi kita memaklumi atas musibah tersebut,” ungkapnya

Reporter : Taufiqur Rachman

Editor     : Agus Karyono

Komentar

News Feed