oleh

Persiapan Musim Giling, Gudang Ampas Tebu PG Djombang Baru Terbakar

Jombang – Baru diresmikan musim giling pada pertengahan tahun 2019, Gudang ampas tebu milik Pabrik Gula (PG) Djombang Baru di Jalan Panglima Sudirman, Desa Pulo Lor, Kecamatan/Kabupaten Jombang, mengalami kebakaran, Minggu (28/4/2019) pukul 10.00 WIB

Dari informasi yang dihimpun akurasinews.com dilokasi, kebakaran gudang ampas tebu ini kali pertama diketahui oleh satpam jaga PG Djombang Baru ketika sedang berpatroli. Ketika mengetahui api melalap limbah gilingan tebu setinggi 7 meter yang berada di dalam pabrik, petugas keamanan langsung menghubungi petugas Pemadam Kebakaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Djombang, tak berselang lama mobil pemadam kebakaran tiba kelokasi kejadian.

Pantauan pewarta media ini di lokasi, asap masih mengepul dibawah tumpukan ampas tebu setinggi 7 meter, meskipun api sudah tak terlihat. Tetapi sejumlah anggota pemadam kebakaran terus berusaha menyemprotkan air di tumpukan limbah tersebut, untuk memastikan tidak ada lagi api menjalar ke ampas tebu lainnya.

Menurut keterangan Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Jombang, Gunadi menyampaikan, kebakaran ini diketahui sekitar pukul 10.00 WIB, yang terletak di gudang dalam PG Djombang Baru. Dengan menerjunkan dua unit mobil kebakaran serta satu mobil suplay air, dalam kurun waktu sekitar satu jam api berhasil dipadamkan.

“Yang terbakar ini hanya di gudang penyimpanan ampas tebu saja untung api cepat dipadamkan. Kita belum tau penyebabnya, pihak polres masih melakukan penyelidikan,” terang Gunadi dilokasi kebakaran.

Sementara itu, menurut General Manajer PD Djombang Baru, Edwin Risnanto, menduga kebakaran kali ini diperkirakan terjadi akibat proses fermentasi yang terjadi pada ampas tebu, sehingga panas dan mengakibatkan munculnya api.”Ini kemungkinan karena fermentasi dan kenaikan suhu sehingga memunculkan kebakaran. Untuk kerugian masih kita hitung,” jelas Edwin

Akibat kejadian tersebut, diperkirakan mengalami kerugian puluhan juta rupiah meskipun belum bisa memastikan secara rinci. Tetapi Edwin juga menambahkan bahwa, musibah kejadian kebakaran tersebut tidak berpengaruh dengan persiapan musim giling yang akan dimulai pada 13 Juni mendatang. “Ini masih relatif terkendali, tidak ada yang sifatnya mengganggu persiapan giling kita,” pungkasnya.

Perlu diketahui, ketika hendak melakukan peliputan sempat terhenti terhalang oleh petugas satpam kerena tidak boleh diekspos. Namun setelah mendapatkan konfirmasi dari beberapa pihak Staf PG Djombang Baru, salah satu petugas keamanan memperolehkan masuk dan mengambil gambar kebakaran di gudang ampas tebu didalam lokasi tersebut.

Reporter : Taufiqur Rachman

Editor      : Agus Karyono

Komentar

News Feed