oleh

May Day, Ratusan Buruh ‘Turun’ ke Jalan, Bupati Jombang Sebut ada Kenaikan UMK

Jombang – Pemerintah Kabupaten Jombang bersama ratusan buruh pabrik turun di sepanjang jalan KH Wahid Hasyim dalam acara jalan sehat memperingati Hari Buruh Sedunia (May Day) dengan titik kumpul di perempatan lampu merah depan kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jombang, Rabu (1/5/2019).

Sebelum jalan sehat diberangkatkan Bupati Jombang Hj Munjidah Wahab, acara lebih dulu dibuka dengan tarian barongsai serta pelepasan balon ke udara oleh Bupati dan Wakil Bupati beserta sejumlah pejabat Forpimda Kabupaten Jombang.

Menurut Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab, Peringatan May Day yang digelar oleh Disnakertrans ini bertujuan untuk menjalin sinergitas antara pabrik, karyawan (buruh) dan Pemkab “Kebersamaan jalan sehat ini menunjukkan bahwa Jombang dalam kondisi situasi yang aman, tentram dan damai,” ungkap Bu Mun sapaan akrab Bupati Jombang didepan Disnakertrans Jombang.

Bu Mun juga menegaskan bahwa, ditahun sebelumnya UMK Jombang sebesar Rp 2.264.135 dan untuk tahun 2019 kini UMK naik sekitar dua ratus ribu menjadi sebesar Rp 2.445.945. Dengan begitu, Bupati juga akan menyesuaikan untuk kenaikan berikutnya ke Pemprov Jatim agar Pemkab Jombang dapat terus mengawal keperluan buruh dan para investor dapat masuk di wilayah industri yang berada di Utara sungai Brantas Jombang.”Kita kedepannya kepinginnya pemerintah ini bisa terus mengayomi buruh. Dan selanjutnya industrial di Jombang semakin maju,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Disnakertrans Kabupaten Jombang, Purwanto menambahkan, untuk memperingati Hari Buruh Sedunia pihaknya, telah bekerjasama serta didukung oleh para Serikat Buruh yang ada di Kabupaten Jombang dan juga Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo). “Ini setahun sekali jadi kita adakan acara ini. Karena hari ini adalah Hari Rayanya buruh,” pungkasnya.

Reporter : Taufiqur Rachman

Editor      : Agus Karyono

Komentar

News Feed