oleh

Ramadhan, Satlantas Polres Jombang Petakan Titik Rawan Kemacetan dan Blackspot

Jombang – Satuan lalu lintas (Satlantas) Polres Jombang mulai melakukan persiapan arus mudik lebaran di beberapa titik rawan kemacetan serta kecelakaan (blackspot) di wilayah jalur arah Surabaya menuju Nganjuk dan di dua pintu keluar masuk tol Bandarkedungmulyo maupun di tol Tembelang.

Menurut Kepala Unit Patroli Satlantas Polres Jombang, Iptu Mulyani, persiapan arus mudik ini bagi pengguna kendaraan roda dua maupun roda empat diharapkan mewaspadai sejumlah titik-titik rawan yang ada di Kabupaten Jombang, baik dari arah Surabaya menuju Nganjuk maupun sebaliknya.

Tak hanya penguna jalan raya atau jalan Nasional, para pengendara juga harus mewaspadai apabila hendak melewati jalur tol Bandarkedungmulyo maupun pintu keluar tol Tembelang, karena di lokasi tersebut sering terjadi kemacetan.

“Untuk titik rawan kemacetannya ada tiga yang perlu kita waspadai, yakni Mojoagung, Bandarkedungmulyo arah ke Mengkreng dan terakhir di wilayah Ploso. Yang jelas kita banyak tempat yang perlu diwaspadai terutama pintu akses tol Bandarkedungmulyo, nanti kita arahkan lalu lintas disana agar tidak terjadi kemacetan,” jelas Iptu Mulyani kepada awak media ketika berada di Pos Lalu Lintas Kota, Selasa (14/05/2019).

Sementara untuk mengatasi kemacetan di ploso dan blackspot yang sering berada di jalur nasional di Mojoagung, Iptu Mulyani mengungkapkan, pihak lalu lintas akan melakukan pengaturan di by pas Mojoagung, namun untuk kemacetan di wilayah Ploso nanti pihaknya pihaknya akan melakukan rekayasa lalu lintas guna mengatasi kemacetan. Pihaknya juga menghimbau kepada para pengadara jalan tetap berhati-hati berkendara saat berada sejumlah titik rawan kecelakaan atau black spot.

“Untuk mengantisipasi jembatan ploso, nanti kita alihkan ke wilayah Plandaan, yang tembus wilayah Nganjuk. Tetapi untuk antisipasi rawan kecelakaan kita akan antisipasi di wilayah Mojoagung, yang kedua kita antisipasi dengan sejumlah kegiatan di pos keplaksari,” imbuhnya.

Lebih lanjut Kanit Patroli Satlantas Polres Jombang ini juga menambahkan, sekarang dalam persiapan pos pengamanan arus mudik lebaran tahun ini akan dimulai pada tanggal 26 Mei 2019. Diperkirakan Polres Jombang mendirikan 12 Pos Pam dan satu pos pelayanan berada di wilayah perak.

Tetapi untuk pengamanan di jalur tol pihaknya juga telah bekerjasama dengan pihak-pihak terkait akan mendirikan pos pam khusus di wilayah jalur tol.”Pos khusus di tol, kita ada 2 pos pam disana. Yaitu pos pam yang mengarah ke Surabaya, maupun pos pam yang mengarah ke sebaliknya, di sekitar rest area,” tegasnya.

Selain itu, Iptu Mulyani menyarankan kepada para pemudik apabila nanti akan memanfaatkan jalan raya melewati Kabupten Jombang. Satlantas Polres Jombang terlebih menghimbau tetap selalu mengutamakan keselamatan saat berkendara baik di jalur utama maupun jalur tol.“Kita himbau pada pemudik agar tetap berhati-hati, jaga keselamatan, dan budayakan tertib berlalu lintas,” pungkas Iptu Mulyani.

Reporter : Taufiqur Rachman

Editor     : Agus Karyono

Komentar

News Feed