oleh

Nasi Bathu, Menu Khusus Bukber di Warung Rejoso Kota Santri

Jombang – Selama bulan suci Ramadhan, Warung Rejoso yang berada di Jalan Raya Bareng – Mojoagung Desa Banjaragung, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, menghadirkan menu khusus bernama, Nasi Bathu untuk berbuka puasa bersama dengan teman maupun sanak saudara atau keluarga.

Dipakainya sebutan menu khusus ramadhan Nasi Bathu oleh pemilik Warung Rejoso, Fandiyo Bramesta, salah satunya diambil dari bahasa sehari-hari Jombangan yang memiliki arti kebersamaan.

Menu khusus ala pedesaan yang diberikan dengan daun pisang sepanjang satu meter ini memiliki rasa khas tersendiri untuk pelanggannya bagi yang ingin menyantap makanannya beramai-ramai sewaktu berbuka puasa di warung yang sudah berdiri sejak 2016.

Menurut salah satu pelanggannya, Harsito (39) yang berasal dari Desa Desa Banjaragung, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, dipilihnya menu Nasi Bathu yang hanya ada di bulan puasa ini memang salah satunya cocok untuk disantap beramai-ramai bersama keluarganya.

“Nasi Bathu ini cocok untuk lidahnya orang-orang disini, apalagi bisa dinikmati beramai-ramai dengan daun pisang dan rasa ayam bakarnya juga enak sekali,” ujar Harsito saat ditemui akurasinews di Warung Rejoso, Minggu (19/05/2019)

Selain dapat dinikmati dengan daun pisang, keunikan menu spesial ini ternyata tak hanya ayam bakar beserta urap-urap sayur yang diberikan tetapi di ruas batang daun juga diberi tusuk sate yang diisi dengan, kacang panjang, mentimun, daun kemangi serta pentol bakso ikan dan daging sosis sebagai tambahan beserta minumannya. Sedangkan apabila para pembeli tak ingin memesan ayam, mereka juga dapat memesan masakan lainnya seperti, bebek bakar ataupun ikan gurami bakar.

“Keunikannya lagi di menu Nasi Bathu untuk sambalnya bisa memesan sesuai selera untuk level kepedasannya hingga cabainya bisa seratus ataupun lebih dari itu,” ucap pemilik warung Rejoso yang akrab disapa Wawa.

Menurut pengusaha muda 22 tahun ini mengatakan, menu baru miliknya ini memang sengaja dihidangkan hanya untuk bulan ramadhan, selain itu juga untuk memikat pengunjung di kota santri. Wawa juga ingin pelanggannya dapat menjalin silaturahmi kebersamaan disaat berbuka puasa bersama di warung Rejoso.

“Menu nasi Bathu kita ini memang khusus adanya di bulan puasa untuk Bukber (berbuka bersama) yang bisa dinikmati rombongan 6 sampai 8 orang. Jadi menu ini sengaja kita hadirkan memang salah satunya untuk menyambung silaturahmi kebersamaan di bulan suci Ramadhan,” tegasnya.

Bagi pengunjung yang ingin penasaran mencoba kuliner khusus bulan Ramadhan ini, sebaiknya datang terlebih dahulu sebelum berbuka puasa, karena setiap harinya selalu penuh oleh pelanggan untuk Bukber. Kemudian, jika ingin menikmati nasi Bathu tidak perlu terlalu ragu untuk merogoh kocek bila ingin mencoba menu khas nasi Bathu ala pedesaan di warung ini.”Untuk harganya relatif murah dan terjangkau oleh para pembeli,” pungkasnya.

Reporter : Taufiqur Rachman

Komentar

News Feed