oleh

Cuti Lebaran, Disnaker Tetap Layani Permintaan Kartu Kuning dan Rekom

Jombang – Selama masa cuti Hari Raya Idul Fitri 2019 pelayanan Dinas Tenaga Kerja Pemerintah Kabupaten Jombang tetap buka untuk melayani keperluan administrasi bagi para warga yang membutuhkan dokumen ketenagakerjaan dan rekomendasi paspor.

Terobosan baru Disnaker Jombang ini diperuntukan untuk warga kota santri yang hendak merantau untuk mencari kerja pasca lebaran. Hal itu sebagai Bonus Layanan Masyarakat Terbatas untuk membuka layanan pembuatan kartu AK.1 atau kartu tanda pencari kerja atau yang umum disebut kartu kuning, dan surat rekomendasi paspor bagi para calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Menurut Kepala Disnaker Jombang, Purwanto, pelayanan tersebut akan dilakukan di luar jam kerja atau saat cuti lebaran. Yang dimulai pada tanggal 3 sampai 7 Juni 2019, pagi pukul 08.00 hingga siang pukul 12.00 WIB.

“Karena ini bonus layanan terbatas, jadi jam dan waktunya juga terbatas,” ungkap Purwanto saat ditemui di kantornya, Jalan KH Wahid Hasyim, Kecamatan Jombang, Jumat (31/5/2019).

Purwanto juga menerangkan, adanya fakta bahwa para perantau yang sukses kerap kali berkeinginan untuk mengajak sanak saudaranya untuk mengikuti jejaknya merantau ke luar kota maupun luar negeri. Dengan begitu, para calon pekerja harus mengantongi sejumlah persyaratan administrasi yang dibutuhkan. Seperti kartu kuning dan paspor bagi yang ke luar negeri.

“Di Disnaker kan ada kartu AK.1 atau kartu kuning, nah kalau tutup kan berarti ga bisa. Kalau umpanya pingin ke luar negeri kan butuh rekomendasi paspor, kalau di sini tutup kan ga bisa. Makanya kami tetap buka,” jelasnya.

Demi untuk memaksimalkan pelayanan tersebut, pihak Disnaker Jombang juga telah mensosialisasikan program tersebut melalui group-group sosial media maupun media komunikasi seperti aplikasi pesan singkat WhatsApp ataupun Facebook.

“Di komunitas kepala desa dan camat juga sudah kita informasikan,” terangnya.

Reporter : Taufiqur Rachman

Komentar

News Feed