oleh

Urai Kemacetan, Satlantas Polres Jombang Berlakukan Contra Flow dan One Way

Jombang – Kondisi arus balik lebaran pada H+3 lebaran di Jalan Raya Bandar Kedungmulyo, Kabupaten Jombang mulai terlihat kepadatan kendaraan dari arah barat atau di simpang Banjuri atau Mengkreng dan sebaliknya dari arah timur atau arah Mojoagung yang sering terjadi kemacetan serta padat merayap terjadi di Jembatan Ploso, Jombang, Sabtu (8/6/2019)

Dari informasi yang dihimpun akurasinews.com munculnya kemacetan di ruas ini beriringan ketika para pemudik yang turun di exit tol Bandar Kedungmulyo berpapasan dengan pengendara disaat melintas di jalur nasional menuju arah Kediri maupun Nganjuk.

Menurut Kaur Bin Ops (KBO) Satlantas Polres Jombang Iptu Totok Joko Suparno, padatnya kendaraan kerap kali muncul tepatnya di perlintasan rel kereta api Bandar Kedung Mulyo serta di simpang Mengkreng dan kemacetan juga terjadi di exit tol Bandar. Jadi untuk mengatasi hal itu, sempat diberlakukan sistem contra flow karena kemacatan mengekor hingga satu kilometer.

“Ya tadi ada contra flow sebanyak tiga kali,” ungkap Iptu Totok ketika ditemui awak media dilokasi Pospam Bandar Kedungmulyo.

Untuk menghindari penumpukan kendaraan baik roda dua dan roda empat, Iptu Totok mengatakan, pihak Satlantas Polres Jombang mulai melakukan pengalihan arus yang dimulai dari arah timur di simpang tiga jatipelem yang menuju Kediri dan Nganjuk dialihkan menuju ke arah selatan yang mengarah ke Kecamatan Gudo. Sedangkan dari arah barat atau dari arah Nganjuk, Kediri dan Madiun dilakukan sistem Contra Flow.

“Kondisi arus lalin mulai padat, namun tetap diantisipasi biar lancar. Di Jatipelem yang dari timur kita alihkan ke selatan, ke arah Gudo-Kunjang-Papar langsung nanti dari Papar bisa menuju ke Nganjuk,” jelasnya.

Menurut Iptu Totok kepadatan yang terjadi di jalan arteri pada H+3 lebaran ini didominasi oleh pemudik lokal yang hendak bersilaturahmi ke kerabatnya. Seperti dari Jombang menuju Nganjuk, Kertosono atau sebaliknya dari arah Nganjuk, menuju Jombang.

“Sementara ini juga masih arus mudik. Arus mudik ini hanya lokalan saja ya, tidak ada yang dari luar seperti jakarta,” terangnya.

Selain di Jalan Raya Bandar Kedungmulyo, kepadatan kendaraan juga terjadi di Jalan Raya Mojoagung arah timur dari arah Surabaya, namun dapat teratasi dengan mengurai kendaraan di jalur bypass Mojoagung.

Tetapi dari arah utara, padat merayap kendaraan hingga setengah jam terjadi di Jembatan Ploso, pertemuan arus lalu lintas ini dari arah Surabaya yang melewati di jalur alternatif Jalan Raya Gedeg-Ploso serta dari arah Lamongan bisa mencapai dua kilometer sejak pagi hingga sore. Peningkatan volume kendaraan ini sampai mencapai 10 persen di H+3 lebaran.

Namun antrian ini dapat di urai ketika Kepala Satuan Lalulintas Polres Jombang, Ajun Komisaris Polisi Inggal Widya Perdana memberlakukan One Way (satu arah) dari arah Ploso dan dari arah Jombang diarahkan ke kiri lewat RSUD Ploso melewati Jalan Desa Rejoagung dan keluar di Jalan Raya Ploso-Babat. Sedang dari arah utara atau dari Lamongan menuju Jombang, akan dialihkan mulai dari traffic light Bawangan ke arah kiri menuju simpang tiga MI Ploso.

“Agar tidak terjadi penumpukan akses masuk di Jembatan Ploso. Kita memberlakukan One Way (satu arah) dari arah timur Jembatan Jalan Gedeg-Ploso dan untuk dari arah Jombang hendak keluar di Jembatan Ploso kita arahkan ke kiri melalui RSUD Ploso,” jelas AKP Inggal

Reporter : Taufiqur Rachman

Komentar

News Feed