oleh

Arca Ganesha Gegerkan Warga Kediri 

Kediri – Sebuah Arca berbentuk Ganesha menggegerkan warga Dusun Kwagean Desa Krenceng Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri Jawa Timur. Arca berukuran sekitar 30 x 20 x 15 cm tersebut ditemukan di kedalam sekitar 2 meter dibawah permukaan tanah yang hendak dibuat pondasi rumah pada lubang yang rencana akan dibuat penampung buangan MCK pada Sabtu (15/06/2019) pukul 16.00 WIB

Kali pertama benda yang diduga peninggalan leluhur dan mempunyai nilai-nilai sejarah sangat tinggi tersebut ditemukan oleh Prianto (48) warga setempat yang juga seorang pekerja bagian penggalian lubang Sepitenk. Awalnya saksi sempat mengaku gemetar dalam penggalian menemukan bongkahan batu bata kuno.

Setelah batu bata kuno tersebut dinaikan kepermukaan, ternyata sebagian bawah terdapat sebuah batu yang aneh. Begitu digali lebih dalam, saksi dikagetkan dengan batu yang berbentuk gajah duduk. Saking takutnya, batu tersebut kemudian dinaikkan kepermukaan juga dan diceritakan pada warga lainnya.

Selang beberapa saat, warga beramai-ramai melihat bentuk batu yang ternyata adalah sebuah Ganesha. Untuk menghindari hal yang tidak dinginkan, kemudian warga ada yang melaporkan ke perangkat desa dan dilanjutkan lapor ke Kecamatan setempat.

Menjelang malam, warga yang penasaran terus-menerus berdatangan termasuk dari TNI dan Polri. Guna pengamanan sementara, Arca dan beberapa bongkahan batu bata kuno tersebut dibatasi dengan pagar dari potongan bambu dan tali agar tidak sampai rusak.

Menurut informasi, Kabar penemuan benda yang diduga Cagar Cagar Budaya tersebut terdengar pihak Dinas Pariwasata Kabupaten Kediri dan akan segera dilakukan pengecekan.

Suwandi (56) Kepala Dusun Kwagean saat ditemui dilokasi penemuan mengatakan akan segera melakukan koordinasi dengan perangkat Desa yang lain untuk pengamanan Arca tersebut.

Reporter : Rianto 

Komentar

News Feed