oleh

Tuntut Hak Kerja, Puluhan Pekerja Ice Cream Aice Jombang Gelar Aksi Demo

Jombang – Puluhan buruh PT. Global Asia Home World yang memproduksi ice cream merek Aice di Jombang melakukan aksi demo menuntut hak kerja dan keterbukaan perusahaan di depan kantor perusahaan di Jalan Soekarno Hatta, Kompleks Ruko Cempaka Mas, Nomor  B23, Kecamatan/Kabupaten Jombang, Senin (24/6/2019) pagi.

Dimulai sekitar pukul 09.30 WIB, massa aksi sebanyak puluhan orang pekerja mengenakan seragam biru membentangkan poster tuntutan dan berorasi menggunakan pengeras suara. Pada tuntutannya para buruh ini, selain tidak diberikan upah lembur, mereka juga tak dikasih hak cuti, bahkan ada denda yang bukan kesalahan pekerja, peraturan perusahaan tidak pernah di sosialisasikan kepada karyawan dan termasuk yang dikecewakan adalah Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sepihak.

“Jam kerja delapan jam, untuk lebihnya tidak dibayarkan, kalau denda terus, kita denda setiap bulan ada,” ungkap Ivan Andrianto selaku karyawan bagian sales saat ditemui awak media dilokasi aksi, Senin (24/6/2019).

Menurut Ivan (29), kebanyakan denda ini berlaku kepada bagian sales, tapi pihak perusahaan tidak pernah melakukan sosialisasi atas hal itu. Dari nilai denda pun juga bervariasi macam-macam, mulai dari yang terkecil 200 ribu hingga ada yang 500 ribu.

Selain itu kebijakan sepihak tersebut juga berlaku kepada semua karyawan. Menurutnya meskipun gaji sesuai Upah Minimum Kabupaten (UMK) tapi untuk potongan tetap memberatkan. Bahkan disaat dirinya menikah pun tetap terkena sanksi dan denda. Kemudian, untuk kebijakan PHK karyawan juga tidak sesuai dengan aturan, contohnya ada dua karyawan yang terkena PHK, ketika ada karyawan kena kecelakaan saat jam kerja, malah keesokan harinya dapat Surat Peringatan (SP) satu dan tiba-tiba sorenya di PHK. Kedua, ada anak gudang paginya SP 1 lalu sorenya di PHK.

“Kita tanya denda untuk apa, katanya untuk audit dan ketika kita tanya audit, katanya tidak terima. Kemarin saya ijin, tetap kena denda dan sanksi, bahkan ada yang terkena PKH” tegasnya.

Sementara itu, Perwakilan Dinas Tenaga Kerja Jombang, Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Persyaratan Kerja, Yauma Syifa’ mengatakan, tidak ada tuntutan dari pekerja. Tidak ada pelaporan pengaduan yang masuk ke Disnaker. Pihaknya juga belum memutuskan sampai ke sanksi karena sifatnya normatif dan Disnaker juga memfasilitasi adanya Bipartit jika dibutuhkan.

“Pihak Dinas hanya meluruskan saja,” terangnya usai menggelar dialog antara pihak perwakilan buruh dan perusahaan di kantor Aice cabang Jombang.

Perlu diketahui, sebanyak kurang lebih karyawan perwakilan Jombang 25 orang dengan tenaga sales 9 orang setelah berselang 30 menit melakukan aksi demo di depan kantornya, akhirnya dari perwakilan massa diterima masuk dan melakukan dialog dengan pihak Disnaker dan perwakilan manajemen perusahaan. Setelah kurang lebih dua jam dialog, akhirnya para pihak-pihak yang berkepentingan satu persatu membubarkan diri.

Tak hanya itu, PT. Global Asia Home World yang memproduksi ice cream ini dengan merek dagang bernama Aice merupakan perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA). Berderet penghargaan diantaranya Halal Award tahun 2017, Excellent Brand Award tahun 2017, Asian Games Official Sponsor tahun 2018, Better Brand Award tahun 2018, dan Wow Brand Award tahun 2019.

Dan hingga berita ini diunggah pihak 0T Global Asia Home World belum berhasil dikonfirmasi

Reporter : Taufiqur Rachman

Komentar

News Feed