oleh

980 Jemaah Haji Tiba di Jombang, Dua Wafat Seorang Dirawat di Madinah

Jombang – Ratusan jamaah haji asal Kabupaten Jombang yang tergabung dalam 3 kelompok terbang (Kloter) 52, 53, serta 54 telah tiba kembali di Pendopo Alun-Alun Jombang, Rabu (4/9/2019).

Ketiga kloter tiba secara bertahap, pertama kloter 52 dengan membawa 2 bus berisi 92 jamaah haji pada pukul 12.00 WIB. Kedatangan kloter JH tersebut, disertai tangis haru para penjemput yang sudah menunggu sejak pagi.

“Setelah kloter 52 sampai di Pendopo, kloter 53 kita jadwalkan pukul 14.00 WIB dan kloter 54 sekitar pukul 16.00 WIB tiba. Kita datangkan secara bertahap ini, agar para pengantar dari keluarga jamaah haji tidak terlalu banyak dan bisa bergantian,” ucap Salim Basawad, Kasi Haji dan Umroh Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Jombang kepada akurasinews.com di Pendopo Jombang, Rabu (4/9/2019)

Menurut Salim, dari total keseluruhan 980 jamaah haji asal Jombang yang berangkat, ada 2 orang asal kota santri yang meninggal dunia saat menunaikan ibadah haji kemarin, dan atas persetujuan pihak keluarga, 2 orang JH langsung di semayamkan di tanah suci Makkah, Arab Saudi.

“Total wafat ada 2, dimakamkan disana. Kemudian dalam pemulangan 3 kloter ini hanya ada satu jamaah haji tergabung dalam kloter 52, atas nama bapak Haris yang terpaksa ditinggalkan disana, sebab beliau masih sakit dalam perawatan di RS Uhud Madinah. Nanti kalau setelah sembuh, langsung diproses pemulangannya oleh petugas haji di Madinah,” terangnya.

Lebih lanjut, Kasi Haji dan Umroh Kemenag juga menambahkan, sedangkan untuk proses pencairan asuransi bagi jamaah haji yang wafat. Nanti secepatnya akan segera diproses, setelah proses tahapan haji selesai.”Proses berhaji sudah selesai, nah yang wafat akan mendapatkan semacam asuransi. Kalau untuk besarannya kurang lebih kemungkinan mendekati Rp 20 jutaan,” tutup Salim.

Untuk diketahui sebelumnya, total jamaah haji asal kota santri yang berangkat ke tanah suci sebanyak 980 orang ini diberangkatkan langsung oleh Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab. Mereka terbagi dalam tiga kloter, yakni kloter 52 diberangkatkan dari Pendopo Jombang, Senin (22/7/2019) pukul 14.00 WIB. Sedangkan untuk kloter 53 beserta 54 baru diberangkatkan keesokan harinya, Selasa (23/9/2019) pukul 11.30 WIB dan pukul 14.00 WIB.

Reporter : Taufiqur Rachman

Komentar

News Feed