oleh

Nekat Melawan Arus Pemancing Hanyut di Sungai Brantas Ploso

Jombang – Diduga karena nekat menerobos untuk menyeberang arus deras air Sungai Brantas, di Desa Tanggungkramat, Kecamatan Ploso, Kabupaten Jombang, Kamis (5/9/2019). Seoraang pemancing hilang tenggelam setelah terhanyut saat tidak bisa mengapai pelepah pisang yang ditolong warga sekitar.

Meski belum diketahui identitas korban tersebut. Menurut keterangan, Stevy Maria, Koordinator Pusdalops BPBD Kabupaten Jombang, peristiwa ini terjadi sekitar pukul 09.30 WIB ketika ada seorang pria ingin menyeberang Sungai Brantas, tiba-tiba tergelincir jatuh kedalam air dan hanyut terbawa oleh derasnya arus Sungai Brantas.

“Dari informasi yang kita terima, korban sempat ditolong oleh saksi mata dengan menenggelamkan batang pisang, tetapi karena keterbatasan tenaga dan usia saksi tadi, setelah itu korban tidak bisa tertolong hingga hanyut tenggelam dan hilang,” ungkap Peppy sapaannya kepada akurasinews.com dilokasi.

Dengan menerjunkan belasan personil untuk pencarian korban, yang terbagi 2 tim dari BPBD dan relawan Jombang dengan membawa 2 perahu karet.

Peppy menerangkan dalam pola pencarian kali ini, sementara melakukan manuver putaran perahu karet agar derasnya air sungai dibawah dapat mengangkat benda keatas permukaan.

“Kita melakukan pola manuver putaran dari atas, yang diharapkan korban muncul kepermukaan. Sebab kedalaman air kami perkirakan mencapai 5 sampai 7 meter. Sedangkan pencarian ini tidak mungkin dilakukan penyelaman sebab arus air dibawah deras dan juga jarak pandang didalam airnya nol,” terangnya.

Selain BPDB serta rekan Relawan Jombang, pada penyelamatan korban juga nantinya akan ikut turun tangan Basarnas Pos Trenggalek yang masih dalam perjalanan dan kawan-kawan potensi Nganjuk.

“Dengan turunnya Basarnas Pos Trenggalek dan kawan-kawan Nganjuk bisa menambah pencarian korban dengan 2 perahu karet lagi. Jika tidak ditemukan sekarang, kami alokasikan untuk 2 sampai 3 hari kedepan, akan evaluasi setiap harinya dalam pencarian,” pungkasnya.

Dan Hingga berita ini ditulis, proses pencarian korban oleh tim BPBD Jombang masih berlangsung hingga pukul 21.00 WIB dan esok hari.

Reporter : Taufiqur Rachman

Komentar

News Feed