oleh

Pedagang Pasar Tradisional Keluhkan Maraknya Toko Modern di Kota Santri

Jombang – Bangunan pertokoan modern semakin menjamur di Kabupaten Jombang. Tumbuh pesatnya toko modern ini dikeluhkan para pedagang toko biasa atau tradisional yang nantinya bakal terkikis dalam faktor dagang diera sekarang.

Bertambah banyaknya toko modern kali ini tidak hanya di wilayah perkotaan saja, namun persebarannya sudah masuk ke dalam pelosok hingga di Kecamatan. Bahkan, persaingan dagang bisa terlihat pada jarak bangunannya toko modern dengan lainnya semakin berdekatan, seperti salah satunya bangunan baru toko modern di Dusun Cukir, Desa Cukir, Kecamatan Diwek, yang berlokasi berdekatan dengan pasar tradisional.

Terlalu dekatnya lokasi tersebut, menjadikan kekhawatiran sejumlah pedagang toko lokal yang berada di pasar maupun toko tradisional. Hal itu diungkapkan Suwarni, salah satu pedagang tradisional disekitar lokasi toko modern di Cukir.

Ia menambahkan, memang bangunan baru tersebut rencananya akan digunakan untuk toko modern dan anehnya pendirian toko modern tersebut bisa sangat dekat sekali letaknya dengan pasar tradisonal. Memang juga ada toko modern yang sudah berdiri cukup lama dan namanya sudah cukup terkenal di kota santri.

“Ya mas bangunan itu untuk toko modern letaknya juga dekat dengan pasar tradisional. Di dekat Tebuireng itu juga ada pasar modern, memang jaraknya juga cukup dekat,” ungkapnya Suwarni pada sejumlah awak media, Minggu (15/9/2019).

Namun ketika disinggung, apa yang menjadi kekhawatiran para pedagang lokal atau pedagamg toko tradisional. Pihaknya mengaku, adanya pembangunan toko modern tersebut akan mempengaruhi penurunan omset penghasilannya, sebab toko miliknya ini berhadapan langsung dengan toko modern.

“Ya pastinya akan mematikan toko-toko kecil seperti ini,” imbuhnya.

Sumarni juga berharap pada pemerintah agar lebih memihak pada masyarakat lokal dan tidak mengobral secara gampang izin toko modern. “Nggak tahu kenapa mendapat izin, dari Pemerintah,” jelasnya.

Selain itu, Anik, salah satu warga sekitar juga menyampaikan, untuk aktifitas pembangunan toko modern tersebut dikebut sangat cepat pekerjaannya mulai pagi hari sampai larut malam. Sehingga dalam proses membangun toko tersebut sering sering kali mengganggu warga sekitar.

“Itu belum satu bulan sudah jadi bangunannya. Bahkan pekerjannya dikebut dari pagi hingga malam. Suaranya bising kalau pas kerja malam itu mas,” pungkas Ani yang kediamannya berdekatan dengan toko modern

Reporter : Taufiqur Rachman

Toko Modern : Bangunan baru di areal pasar tradisional Desa Cukir yang akan dijadikan toko modern

Komentar

News Feed