oleh

Belasan MI Kota Santri Kekurangan Kain Seragam Pramuka Program Ungulan Bupati

Jombang – Belasan Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Jombang kekurangan jatah kain seragam gratis yang diberikan dari Pemkab Jombang. Ada 16 lembaga pendidikan yang masih kekurangan kain seragam pramuka dari program unggulan Bupati terpilih.

Menurut Arif Hidayatulloh, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang, pada penyalurannya seragam ini, masih ada beberapa lembaga pendidikan yang masih kekurang jatah pembagian kain seragam pramuka itu.

Dikatakannya, ada 16 MI negeri maupun swasta di Jombang yang kekurangan kain seragam pramuka. Diantaranya beberapa sekolah yang belum mendapatkan yakni, MI Syalafiyah Syafiiyah Kwaron, Diwek kekurangan 12 kain seragam serta MI Hidayatul Mubtadiin Ngudirejo, Diwek kekurangan 25 kain seragam dan MIN 4 Jombang kekurangan kain seragam untuk 33 siswa.

“Ya masih ada banyak yang kekurangan kain seragam di beberapa MI,” ungkapnya saat dihubungi awak media via seluler kemarin, Kamis (19/9/2019).

Kekurangan kain tersebut, rencananya akan dimintakan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang oleh Kemenag Jombang. Arif juga menerangkan, kekurangan kain itu dikarenakan data penerima seragam tidak sesuai dengan data hasil penerimaan siswa baru. Bahkan, banyak juga sekolah yang menerima siswa baru dari mutasi luar daerah.

“Ya data awal sama pemerimaan siswa baru kan gak sama. Kendalanya ya ada yang tambahan dari siswa pindahan atau mutasi dari luar daerah,” jelasnya.

Sementara Arif Hidayatulloh juga mengatakan, bahwa kain seragam yang akan dibagi pada para siswa masih berada di sekolah dalam bentuk glondongan kain. Kemudian, untuk pemotongan kain, pihak sekolah harus rela mengeluarkan anggaran sendiri untuk pemotongan kain.

“Kain masih dalam bentuk glondongan di sekolah. Masing-masing sekolah mengeluarkan biaya sendiri untuk pemotongan kain,” pungkasnya.

Sebelumnya, program ungulan Pemkab Jombang telah menjanjikan kepada masyarakat kota santri akan diberikan kain seragam gratis kepada seluruh siswa SD/MI hingga SMP/MTs baik dari sekolahan negeri maupun swasta. Ada 3 kain yang rencananya diberikan yaitu, berupa kain seragam nasional, pramuka dan olah raga. Tetapi sampai saat ini hanya baru kain seragam Pramuka yang diberikan.

Keterangan Foto :
Kain seragam Pramuka dari pemerintah Kabupaten Jombang.

Reporter : Taufiqur Rachman

Komentar

News Feed