oleh

Loh..!!! Ternyata, Pengadaan Kain Seragam Batik SMP Dipasok Satu Supplier

Jombang – Pengadaan kain seragam batik untuk pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Jombang, dipasok satu Supplier. Hal itu setelah ada temuan dari beberapa sekolah menyebutkan bahwa kain batik yang selama ini dipakai siswa siswinya ternyata dipasok dari satu penyuplai kain saja dan penyedia kain batik tersebut dari Rama Textile.

Seperti yang dikatakan, Rudy Yoso Adinugroho selaku Kepala SMPN 1 Ploso, Jombang, pada pengadaan kain tersebut pihaknya masih belum menyampaikan kepada wali murid mengenai pembelian kain batik seragam sekolahnya. Tetapi dirinya mengetahui sampai hari ini hanya ada satu Supplier penyedia kain batik yang bermotif batik Jombangan.

“Itu kan ada penawaran dari Rama Textile, jadi nanti kita sampaikan ke wali murid ada penawaran kain batik tersebut,” ungkap Rudi kepada sejumlah awak media, Rabu (25/9/2019).

Selanjutnya, Rudi mengaku bahwa, meski belum diberitahukan pada wali murid dan Komite. Ternyata, supllier Rama Textile ini juga merupakan supplier seragam kain batik di SMPN 1 Ploso di tahun sebelumnya. Kemudian, hingga kini belum ada pemasok kain batik yang menawarkan kain seragam batik ke sekolah-sekolah di Jombang, kecuali Rama Textile.

“Memang kemarin juga menggunakan itu (Rama Textile), sekarang penawarannya juga hanya itu,” imbuhnya.

Sementara ketika disinggung mengenai besaran harga seragam kain batik tersebut untuk per meternya. Ia berkata, tidak begitu hafal secara detail harganya. Namun diperkirakan untuk satu stel kain batik ini biasanya diatas Rp 200 ribu. Rudi juga menambahkan, sesuai jadwal agenda sekolah, pihaknya baru hanya berkoordinasi dengan komite dan belum ke wali murid.

“Kita sampaikan wali murid minggu depan. Rencananya minggu ini akan tetapi minggu ini banyak angenda,” jelasnya.

Tak hanya SMPN 1 Ploso saja yang dipasok satu supllier, hal itu diketahui dari keterangan, Bambang Dwijo Pranowo selaku Ketua Komite SMPN 2 Jombang, dalam pembelian kain seragam batik di sekolahannya juga memakai jasa dari supllier yang sama yakni Rama Textile.

“Rama Textile itu langsung menjual ke sekolah, jadi mereka yang melayani langsung ke wali murid. Selama ini seragam batik dengan motif corak batik Jombangan hanya ada di supllier ini saja. Untuk tahun kemarin juga beli kesana (Rama Textile),” ujarnya.

Sedangkan saat disinggung harga seragam kain batik di SMPN 2 Jombang lebih mahal dibandingkan dengan sekolah yang lain. Bambang menerangkan bahwa, harga seragam tersebut tidak terlalu mahal, lagipula wali murid juga tidak diwajibkan jika memang merasa keberatan dengan harga tersebut.

“Jadi Rp 360 ribu itu sudah sekalian rompinya, tidak batik saja,” terangnya.

Keterangan Foto :
Contoh kain batik untuk seragam khusus SMP di Jombang.

Reporter : Taufiqur Rachman

Komentar

News Feed