oleh

Waduh…!!! Seragam Gratis Pemkab Jombang Amburadul, Sejumlah Kepsek SMP Tahun Depan Angkat Tangan

Jombang -Banyaknya polemik pada pengadaan seragam gratis dari PemkabJombang, untuk peserta didik baru jenjang SMP membuat kepala sekolah (Kepsek) sepakat menentukan sikap. Bahwa pada pengadaan seragam tahun ajaran mendatang, baik seragam nasional, almamater, pramuka, dan batik akan diserahkan sepenuhnya ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Hal ini diungkapkan oleh Alim, Ketua MKKS SMP se-Kabupaten Jombang, bahwa dalam pengadaan seragam gratis memang menjadi beban Pemkab. Namun, jika menimbulkan polemik seperti saat ini, alangkah lebih baik jika seragam tersebut ditanggung sepenuhnya oleh Dinas dan tidak membebankan pada sekolah. Jadi untuk idealnya seluruh pengadaan seragam lebih ditanggung pemkab, sehingga sekolah tak perlu lagi melakukan pengadaan seragam.

“Karena seragam batik dan almamater sekolah tidak masuk bantuan, kemudian sekolah melakukan pengadaan sendiri. Jadinya kami tidak ingin tahun-tahun mendatang ada masalah soal seragam, jadi sebaiknya seluruh seragam ditanggung pemerintah daerah. Baik itu seragam nasional, batik, olahraga, atau pramuka,” ucap Alim kepada sejumlah wartawan, Rabu (25/9/2019).

Selanjutnya, Alim menjelaskan bahwa, bantuan seragam baik berbentuk kain atau seragam jadi, pihak sekolah tak mempersoalkan. Namun dirinya lebih mengharapkan lebih langsung berupa seragam jadi, tetapi kalau bentuk kain, hanya tinggal melakukan penjahitan saja, salah satunya, seperti seragam nasional dan pramuka pada tahun ini.

“Bila pihak sekolah harus melakukan pengadaan seragam batik dan almamater, tentu dari sekolah selalu rentan dan berpotensi memunculkan persoalan. Semisal seperti masalah harga yang seringkali dipersoalkan,” tuturnya.

Masih menurut Alim, sampai sekarang dua seragam tersebut, harganya untuk murid laki-laki dan perempuan berbeda per stel seragam batik di SMPN 1 Jombang. Misalnya untuk siswa kena Rp 211 ribu, sedangkan untuk siswi dikenakan Rp 228 ribu. Kemudian, seragam almamater harga hampir tidak jauh berbeda dengan harga seragam batik.

“Dari sekolah, kita lebih membebaskan untuk memilih penjahit. Tapi kalau mau menjahitkan di sekolah biayanya 70 ribu per stel,” pungkasnya.

Keterangan Foto :

Contoh kain batik untuk seragam khusus SMP di Jombang.

Reporter : Taufiqur Rachman

Komentar

News Feed