oleh

Minta Hujan, Ribuan Santri di Tebuireng Gelar Salat Istisqa’

Jombang – Ribuan santri Pondok Pesantren Tebuireng Jombang bersama para mahasiswa, dosen beserta dewan guru memggelar salat istiqa’ di lapangan Universitas Hasyim Asy’ari (Unhasy), Tebuireng, Senin (30/9/2019) siang. Salat ini bertujuan untuk meminta kepada Allah SWT agar menurunkan hujan setelahkemarau panjang di seluruh Indonesia dan dunia. 

Salat yang mulai pukul 11.00 WIB di bawah terik matahari ini, di imami oleh KH Masduqi Abdurrahman dari Pondok Pesantren Tahfidzil Quran, Kecamatan Perak, Jombang. Setelah itu kemudian dilanjutkan khotbah dan doa.

KH A. Masduqi Abdurrahman mengatakan, salat ini bertujuan untuk meminta hujan kepada Allah SWT. Bagi seluruh masyarakat Indonesia yang dilanda kekeringan.

“Mudah-mudahan tetangga kita yang sedang dilanda kekeringan didaerah lainnya semoga diberi hujan oleh Allah SWT. Apabila belum diberi hujan, maka kita harus tetap bisa menerima,” turut kyai Masduqi usai salat dilokasi.

Sementara itu, hal senada juga diungkapkan KH Ahmad Syakir Ridwan, Mudir Pondok Pesantren Madrasatul Quran Tebuireng, Ahmad Syakir Ridwan, pelaksanaan salat ini bukan hanya untuk Tebuireng sendiri, tetapi tujuannya juga diperuntukkan kepada daerah-daerah lain di Indonesia maupun di seluruh dunia.

“Kita juga bersama para santri mendoakan untuk kedamaian Bangsa Indonesia, persatuan Indonesia, agar bisa tercipta negeri yang damai, aman dan sentosa,” terangnya.

Dalam pelaksanaan salat tersebut juga disampaikan oleh Ustadz Iskandar, Kepala Pondok Pesantren Tebuireng, hal ini memang diadakan oleh Tebuireng dengan diikuti sekitar lima ribu santri dan selanjutnya setelah salat para santri kembali melakukan proses kegiatan belajar di sekolah.

“Salat ini tadi diikuti sebanyak lima ribu orang ini diantaranya dari kalangan santri ada empat ribu dan kemudian sisanya para mahasiswa serta dosen dan dewan guru dilingkup Ponpes Tebuireng,” tutupnya.

Keterangan Foto :

Ribuan santri sedang melaksanaan Salat Istisqa’ di lapangan kampus Unhasy Tebuireng, Jombang.

Reporter : Taufiqur Rahman

Komentar

News Feed