oleh

Ponpes Tebuireng Berduka, Gus Sholah Tutup Usia

Jombang –Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, Dr. KH. Salahuddin Wahid atau biasa dipanggil Gus Sholah yang juga adik Presiden keempat RI Gus Dur, tutup usia, Minggu (2/2/2020) malam.

Dikabarkan awal pertama beredar dari akun media sosial milik putra Gus Sholah, bernama Irfan Asy’ari Sudirman Wahid yang akrab disapa Gus Ipang. “Gus Sholah baru saja wafat, pada pukul 20.55 WIB. Mohon dimaafkan seluruh kesalahan. Allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fuanhu,” tulis Ipang Wahid di akun Twitternya.

Sebelum wafat, kondisi kesehatan tokoh nasional yang biasa disapa Gus Solah itu mengalami kritis usai menjalani operasi selaput jantung di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, Jakarta.

Menurut Ustadz Amien Zaen, Asisten Pribadi Gus Sholah, Ustadz, yang saat ini berada di Rumah Sakit tersebut, membenarkan hal itu, bahwa Kyai (Gus Sholah Wafat). Jenazah disemayamkan di rumah duka di Tendean Jakarta.

“Rencananya jenazah setelah disemayamkan di rumah duka, akan diberangkatkan besok hari pukul 09.00 WIB, menuju Pesantren Tebuireng dengan memakai pesawat Hercules.  “Iya insyaallah akan diberangkatkan ke Tebuireng memakai hercules pukul 09.00 dan dimakamkan antara pukul 15.00-16.00 WIB,” ungkap Ustad Amin saat dihubungi akurasinews melalui pesan WhatsApp, Minggu (2/2/2020) pukul 22.30 WIB.

Menurut Ustadz Amin jenazah setelah disemayamkan di rumah duka di Tendean Jakarta, akan diberangkatkan esok hari pukul 09.00 WIB menuju Pesantren Tebuireng dengan pesawat Hercules.

Jenazah akan dishalatkan dan di makamkan di Tebuireng sekitar pukul 15.00-16.00 WIB. Gus Sholah akan dimakamkan di pemakaman masyayikh dan keluarga Tebuireng. “Iya insyaallah akan diberangkatkan ke Tebuireng memakai hercules pukul 09.00 dan dimakamkan antara pukul 15.00-16.00 WIB,” ungkapnya.

Putra pertama Gus Sholah ini juga mengatakan, prosesi pemakaman bakal diterbangkan besok hari pada siang. “Rencananya bakal disemayamkan di Ponpes Tebuireng Jombang. Diberangkatkan dari Jakarta sekitar pukul 10.00 WIB,” tutupnya saat dihubungi melalui via WhatsApp Akurasinews.com, Minggu (2/2/2020) pukul 23.30 WIB.

Perlu diketahui, tokoh sesepuh NU ini meninggal pada tahun 77 tahun. Gus Sholah meninggalkan sang istri Nyai Farida Wahid dengan dikaruniai tiga orang anak, yaitu Irfan Asy’ari Sudirman (Ipang Wahid), Iqbal Billy, dan Arina Saraswati.

Reporter  : Taufiqurrachman

Komentar

News Feed