oleh

Setelah Doa Bersama Untuk Para Pahlawan, Warga Macan Putih Makan ala Ponpes dengan 75 Daun Pisang

Pasuruan  – Kembulan, Mayoran atau apapun bahasa di setiap daerah adalah tradisi makan bersama di atas daun pisang. Tradisi ini hampir ada di semua daerah di Indonesia. Sampai hari ini tradisi tersebut masih dilakukan utamanya di pondok pesantren salaf (tradisional).

Makan bersama, merasakan bersama, berbagi bersama tanpa melihat siapa mendapat lebih banyak atau sedikit, siapa yang cepat maupun yang lambat semua dirasakan bersama. Simbol guyup rukun dan kebersamaan itulah terlihat di Dusun Macan Putih Desa Pekakungan Kecamatan Gondangwetan Kabupaten Pasuruan Jawa Timur pada malam puncak peringatan Kemerdekaan 17 Agustus 2020 kali ini.

Para Pemuda Macan Putih berusaha menghidupkan rasa kebersamaan ditengah pandemi covid 19, Wabah yang dampaknya mempengaruhi semua lini itu. Peringatan Kemerdekaan ke 75 tahun tidak seperti tahun sebelumnya, Perlombaan, Pawai Budaya, bahkan Orasi Kebangsaan digantikan dengan pembacaan doa bersama sama untuk para Pahlawan, “Makan bersama diatas 75 daun pisang ini sebagai ganti semua rangkaian kegiatan peringatan Agustusan tahun ini,” ujar Kafabih salah satu tokoh pemuda setempat.

Sekitar 150 keluarga dari Dusun Macan Putih mengikuti rangkaian kegiatan doa bersama tersebut. Dengan doa bersama sebagai rangkaian peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 75 ini warga Dusun Macan berharap Pandemi Covid 19 segera berlalu sehingga aktifitas semua dapat kembali normal dan dapat memperingati moment moment penting seperti tahun tahun sebelumnya“Semoga wabah covid 19 segera berlalu, agar kegiatan peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia kembali semarak dan gebyar seperti tahun sebelumnya,” harap Irfan Selaku Ketua panitia

Reporter     : Wawan

Editor         : Pujiyono

Komentar

News Feed