oleh

POKJA AN NUR dengan Konsep 3E Dalam Memanfaatkan Lahan ‘Tidur’ Pemukiman

Pasuruan – Berawal dari sebuah pemikiran sederhana bagaimana memanfaatkan lahan kosong yang terbengkalai di lingkungan Rusun Tembok Rejo Kota Pasuruan. Warga rusun yang berjumlah 68 KK bahu membahu mengelolanya.

Gerakan yang dipandegani oleh M. Irfan ini membentuk POKJA AN NUR. “Kami bersama penghuni rusun berusaha untuk berbuat sesuatu yang bermanfaat bagi warga kami” katanya

“Kami mencoba untuk menerapkan konsep 3E yaitu EKOLOGI bagaimana mengembalikan kesuburan tanah yg rusak, kemudian EDUKASI dengan memberikan pengetahuan kepada warga seputar cara menanam dan memelihara serta menyadarkan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan EKONOMI kita ingin masyarakat punya ketahan pangan dan lebih berdaya,” ulas Irfan.

Hal ini disampaikan di sela-sela acara panen dan pengukuhan pengurus POKJA AN NUR yang juga dihadiri oleh Pendiri, penasehat dan ketua LSM MAHALLY.

Kegiatan ini sudah berlangsung selama 3 bulan. Beragam jenis tanaman yg sudah di budidaya antara lain pisang, cabai, kemangi, melon, tomat, kelor, pepaya.
Selama 3 bulan ini sudah beberapa kali memanen.

Ada beberapa aspek positif yang bisa diraih dari kegiatan ini baik aspek sosial, lingkungan dan ekonomi. “Kedepan kami akan membangun jaringan dan kerjasama yang dengan pihak pihak yang memiliki kepedulian dalam pemberdayaan masyarakat baik pihak pemerintah maupun swasta. Kelompok ini ke depan butuh sentuhan dan dukungan utamanya dari pemerintah agar lebih berdaya.” Pungkasnya

Reporter : Andy Prasetyo
Editor      : Pujiyono

Komentar

News Feed