oleh

Ada Calo SIM di Medsos, Kasatlantas Polrestabes : Itu Perbuatan Kriminal

Surabaya – Akhir-akhir ini di media sosial facebook sedang Viral dengan beredarnya diduga calo Surat Ijin Mengemudi (SIM), di Surabaya. Calo tersebut menjanjikan kemudahan dalam pembuatan SIM.

Terduga Calo dengan nama akun RBT itu menulis di status beberpa grup facebook jika bisa membantu membuatkan SIM baru hanya dengan mengirim foto copy (FC) KTP dan foto diri berwarna setengah badan.

“Moggo mgkin ad yang btuh guys
menerima pembuatan sim baru, A,C,B1,B2 umum,DLL dijamin amanah dan syarat tanpa ribet, stay at home,(Tinggal tggu drmah sja) data ckup dikirim Iwat WA sja,
alias gk usah ikut ke samsat,” tulisnya.

Bahkan, sebelum pengerjaan RBT ini lebih dulu memberikan no telephone untuk info lebih lanjut dan juga tanya-tanya dengan nomor 081933******. Dan hanya menerima pembuatan baru saja se Indonesia.

Ketika media mencoba memesan SIM melalui nomor tersebut. Diduga pelaku langsung merespon dengan menjawab chatt melalui WhatsApp.

“Untuk SIM C harga 850 ribu dijamin jadi hanya kirim KTP dan Foto saja, pembayaran dirumah saja biar aman,” jelasnya.

Setelah deal harga, terduga pembuat SIM instans ini akhirnya memberi alamat rumahnya melalui aplikasi share lokasi.

Terkait dengan beredarnya jasa pembuatan SIM melalui sosial media itu Kepala Satuan Lalulintas Polrestabes Surabaya AKBP Teddy Chandra mengatakan, jika dalam pembuatan maupun perpanjangan, setiap pemohon SIM harus hadir datang guna mengikuti teori dan juga mengisi data.

“Pemohon harus datang sendiri dan tidak ada sistim seperti itu,” sebut Teddy, Minggu (23/8/2020).

Lebih lanjut Teddy menambahkan jika saat ini sistem pembuatan SIM sudah berbeda dengan zaman dulu. Pihaknya menduga jika SIM itu palsu.

“Diduga SIM nya palsu itu, apalagi dia hanya melayani pembuatan baru, jika terbukti, itu adalah perbuatan kriminal dan akan kita tindaklanjuti,” tegasnya.

Reporter : Ahmad AE
Editor      : Taufin A

Komentar

News Feed