oleh

Sita 6 Kilo Sabu, Petugas Gabungan Bea Cukai Perak & PPTP Bongkar Jaringan Narkoba International

Surabaya – Sudah menjadi kerja rutin, Koordinasi antara Polres Pelabuhan Tanjung Perak (PPTP) dengan Bea Cukai berhasil mengungkap pengiriman sabu seberat 6,5 Kilogram yang dipaketkan dengan kontainer lewat Pelabuhan Tanjung Perak dan hendak dikirim ke Madura.

Kabidhumas Polda Jatim Kombespol Trunoyudo Wisnu Andiko dalam rilisnya mengatakan, Informasi awal datang dari Bea Cukai Perak yang saat memeriksa salah satu kontainer dari Malaysia yang masuk Indonesia lewat pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Setelah dilakukan pemeriksaan didapati dalam tumpukan bahan-bahan import ada sejumlah benda mencurigakan. “Begitu dibuka, ternyata barang bukti tersebut adalah narkoba yang berjenis sabu yaitu seberat 6,548 Kg, kedua pelaku masih ada kaitannya dengan jaringan International,” kata Trunoyudo, Senin 31 Agustus 2020.

Mengetahui hal itu, Bea Cukai Perak menghubungi Polres Pelabuhan untuk dilakukan pelidikan bersama. Barang yang sudah ada tertujunya atau kepada siapanya itu akhirnya dilakukan penjebakan.

Pemilik barang disuruh datang ke ke kantor Bea Cukai sendiri untuk dilakukan pengambilan, karena harus sesuai dokumen pengriman. Setelah pemilik atau pelaku datang dilakukan penangkapan dan interogasi.

“Pelakunya, Hotib (19) warga Dusun Mandeman Laok Sampang dan Rahmat Hidayat (28) warga Laok Sampang yang tinggal di Jalan Kaliasin Gang enam Surabaya. Keduanya dibekuk, pada tanggal delapan belas Agustus,” urai pria dengan tiga melati dipundak ini.

Setelah itu, lanjut Kombespol Trunoyudo Wisnu Andiko, dilakukan pendalaman dengan mengantar barang haram tersebut ke alamat di Kabupaten Sampang. Setelah sampai di sana Polisi menunggu melihat siapa yang mengambil barang itu.” jaringan ini termasuk jaringan internasional menggunakan jalur laut untuk pengirimnya,” tambahnya.

Adapun modus yang digunakan pelaku yakni menggunakan jasa pengiriman mengkamuflase dengan memasukkan narkotika jenis sabu berada di kotak kemasan minuman yang kemudian dikirimkan melalui jasa pengiriman barang dari luar negeri masuk ke Tanjung Perak dan di kirimkan ke wilayah Madura Kabupaten Sampang.

Reporter : Ahmad AE
Editor      : Taufin A

Komentar

News Feed