oleh

Polda Jatim Ungkap Pemalsu Surat Surat Kendaraan Bermotor

Surabaya – Direktorat Kriminal Umum Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) kembali mengungkap kasus pencurian dengan pemberatan dengan modus memalsukan nomor rangka mesin kendaraan bermotor.

Terungkapnya kasus ini bermula adanya laporan tindak pidana pencurian dengan pemberatan dan pemalsuan surat.

Pelaku diamankan sebanyak 3 orang yang berinisial SKH,Y, dan C. Mereka mempunyai peranan yang berbeda.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo pada Jum’at 4 September 2020 menyampaikan, para pelaku tergolong spesial. Dimana dalam melakukan aksi kejahatan mereka menerima order berdasarkan jenis kendaraan.

‘”Jadi kemampuan pelaku untuk melakukan kamuflase perubahan no rangka atau mesin. Barang curian di rubah, ini seolah olah sah teregister,” Terang Kabid Humas.

Nomor rangka kendaraan curian ini disamakan STNK dan BPKB dengan nomor sama berdasarkan data kecelakaan lalulintas yang sudah lama dan tidak terpakai.

Dalam hal ini Kabid Humas juga menghimbau terhadap masyarakat, jika membeli kendaraan bekas agar lebih berhati-hati dan harap mengecek dan mengidentifikasi nomor rangka di kepolisian.

Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya para pelaku ini dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian disertai pemberatan dan pemalsuan Surat pasal 263 KUHP.

Reporter : Ahmad AE
Editor      : Taufin A

Komentar

News Feed