oleh

Kreativitas Warga Andonosari, Ubah Lahan Pembuangan Sampah Jadi Kebun Sayur  

Pasuruan – Pagi yang cerah dan hawa sejuk yang menjadi ciri khas dataran tinggi. Jauh dari hiruk pikuk pusat kota warga Dusun Bendoro, Desa Andonosari, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur mulai melakukan aktifitas.

Jika biasanya, para lelaki mulai melakukan aktifitas ke sawah,ladang maupun perkantoran, ibu ibu di dusun setempat juga memiliki aktifitas yang sama. Dengan memanfaatkan lahan kosong terasering yang ada, puluhan ibu-ibu mulai kerja bhakti membersihkan lahan yang sebelumnya difungsikan warga sebagai tempat pembuangan sampah.

Para ibu-ibu Dusun Bendoro menyulap lahan kosong yang semula hanyalah sebagai tempat pembuangan sampah itu menjadi kebun sayur. “Di sini itu tempat pembuangan sampah, pagi ini kami kerja bhakti membersihkan lokasi kemudian kami tanami sayur sayuran,” ujar Indrawati satu dari 40 ibu-ibu Dusun Bendoro dilokasi kepada akurasinews.com, Minggu 13 September 2020

Beragam sayuran ditanam di lahan bekas pembungan sampah tersebut, mulai dari  Bawang Prei, Sawi,  Tomat,  Terong, Selada,  Buncis, hingga  Bawang merah. “Untuk bibit tanaman membawa dari rumah masing-masing dan sisanya kami beli, semoga saja ihtiar yang baik ini membuahkan hasil dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat Dusun Bendoro, kalau butuh sayuran tidak usah beli tapi mengambil dari sini” harap Indrawati.

Dengan memanfaatkan lahan tersebut, lanjut Indrawati diharapkan dapat meningkatkan taraf perekonomian warga secara bersama-sama,“Jadi ditanam bersama, dipanen bersama, memanfaatkan lahan yang tidak terpakai. Semoga usaha ini bersama ini nantinya membuahkan hasil dan dapat meningkatkan taraf perekonomian bagi seluruh warga dusun sini,” pungkasnya

Reporter : Wawan

Editor     : Pujiyono

Komentar

News Feed