oleh

Penegakan Prokes Secara Humanis, Berikan Pemahaman Akan Pentingnya Penerapan 3 M   

Nganjuk – Petugas gabungan dari Kepolisian Resort Nganjuk Kodim 0810/Nganjuk, Satpol PP, Dinas Kesehatan, dan BNPB Kabupaten Nganjuk menggelar operasi yustisi penegakan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Kegiatan yang digelar di Jalan Mastrip Kecamatan/Kabupaten Nganjuk ini dipimpin langsung oleh Kabag Ops Polres Nganjuk AKP Abdul Rokib, didampingi Kasat Binmas Polres Nganjuk, dan 33 anggota Polri, 5 personel TNI, 10 personel Satpol PP, 4 personel Dinas Kesehatan, dan 4 personel BNPB.

Kabag Ops Polres Nganjuk AKP Abdul Rokib menyampaikan,  operasi yustisi penegakan protokol kesehatan ini digelar secara humanis untuk memberikan pemahaman kepada seluruh masyarakat agar tetap menerapkan 3 M (memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak) protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 ini.

“Kegiatan ini mengacu Instruksi Presiden RI Nomor 6 Tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan, dan pengendalian Virus Corona,” jelasnya. Senin 28 Desember 2020

Selain itu, lanjut AKP Rokib, kegiatan tersebut juga mengacu pada Peraturan Gubernur Jatim Nomor 2 Tahun 2020 tentang perubahan atas Perda Provinsi Jatim Nomor 1 Tahun 2019, tentang penyelenggaraan ketertiban umum dan perlindungan masyarakat serta Perbup Nganjuk Nomor 35 Tahun 2020 tentang pedoman masa transisi menuju tatanan normal baru pada kondisi pandemi Virus Corona (Covid-19).

“Sasaran operasi di Jalan Mastrip ini adalah masyarakat pengendara roda dua maupun roda empat, dan pejalan kaki yang tidak menggunakan masker. Hasilnya, 135 orang pelanggar yang terjaring,” paparnya.
Rony menjelaskan, semua pelanggar diberikan himbauan serta diberikan sanksi berupa tindakan disiplin atau push-up terhadap 16 orang, teguran tertulis sebanyak 44 orang, dan teguran lisan 75 pelanggar. “Semoga mereka ke depannya patuh protokol kesehatan,” katanya.

Di samping melakukan operasi yustisi, petugas gabungan juga melakukan sosialisasi keliling desa tentang pentingnya patuh protokol kesehatan dengan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir, serta menjaga jarak. “Utamanya, jauhi kerumunan,” tukasnya.

Reporter   : Agus K

Editor       : Taufin A

 

Komentar

News Feed