oleh

Kota Pasuruan Terendam, Pospera Bagikan 1000 Nasi Bungkus Kepada Warga Terdampak Banjir

Pasuruan – Akibat hujan deras yang mengguyur sebagian besar  wilayah Kota Pasuruan, Jawa Timur selama kurang lebih 4 jam, membuat 2 sungai besar yakni Sungai Petung dan Gembong meluap serta merendam ratusan rumah milik warga.

Intensitas curah hujan yang cukup tinggi di wilayah puncak, serta air laut pasang memperparah kondisi yang ada dilapangan. Terutama permukiman atau rumah milik warga yang berada disekitar bantaran kedua sungai tersebut, tepatnya di 2 wilayah Kecamatan yakni Kecamatan Bugul Kidul dan Purwerejo kota Pasuruan  Jawa Timur.

Sebagai bentuk kepeduliannya terhadap sesama warga dan juga masyarakat yang mengalami musibah banjir, Ormas DPC Pospera Kota Pasuruan, Jawa Timur membuka dapur umum. Di dapur umum tersebut, Pospera mengolah makanan sebanyak 1000 nasi bungkus dan selanjutnya dibagikan kepada warga khususnya yang terdampak banjir yang tersebar di sejumlah wilayah Kelurahan di Kota Pasuruan.

“Selasa malam kemarin, teman-teman Pospera secara sukarela membuat dapur umum, kita prihatin dan ini adalah bentuk kepedulian kita kepada warga terdampak banjir. Pokoknya Pospera disini akan selalu siap dan tanggap, sifatnya semacam kegiatan sosial kemasyarakatan”. Ujar Amin Suprayitno atau yang akrab dipanggil Mas Prayit, selaku Dewan Pembina DPC Pospera Kota Pasuruan. Jumat 8 Januari 2021

Dengan adanya bantuan semacam itu, menurut Mas Prayit sedikit banyak bisa membantu meringankan beban warga atau masyarakat yang terdampak banjir. Berdasarkan pantauan dilapangan, dari sejumlah wilayah Kelurahan utamanya yang ada di Kota Pasuruan yang terkena dampak banjir itu diantaranya seperti diwilayah Kelurahan Petamanan, Purutrejo, Purworejo, Kebonsari, Bangilan, Kandangsapi, Bakalan, Blandongan, Bugul Kidul, Kepel dan Kelurahan.

Bahkan ketinggian air banjir tersebut, mencapai kurang lebih 1 meter atau hingga mencapai dada orang dewasa. Dan bukan hanya permukiman milik warga, jalur pantura tepatnya sepanjang Kelurahan Blandongan-Kepel juga ikut terendam air hingga setinggi kurang lebih 60 centimeter.

Warga yang terdampak banjir, mengucapan terima kasih kepada Pospera, yang peduli terhadap korban terdampak banjir. Tampak seluruh jajaran DPC Pospera Kota Pasuruan terlihat penuh semangat, bergotong royong dan bahu-membahu memasak sekaligus membagikan langsung nasi bungkus kepada warga terdampak. Meskipun harus menerjang serta mengarungi derasnya arus dan juga ketinggian air banjir dilapangan.”Mudah-mudahan lelah dari teman-teman Pospera membawa manfaat dan juga keberkahan tersendiri”. Imbuh Mas Prayit, yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPD Pospera Jatim.

Atas musibah banjir itu, Mas Prayit mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama untuk saling menjaga, memelihara dan juga tetap melakukan tindakan nyata berupa pelestarian alam dan juga lingkungan sekitar.

Mas Prayit juga meminta agar pihak Pemerintah juga selalu tanggap dan siaga dengan apa yang terjadi. Diketahui dalam waktu dekat ini, pihak DPC Pospera Kota Pasuruan juga akan melakukan kegiatan sosial lain salah satunya melakukan budidaya ikan yang rencananya akan dilakukan diwilayah Kelurahan Sebani.

Reporter : Wawan

Editor     : Pujiyono

Komentar

News Feed