oleh

Komisi III DPRD Pasuruan Rekomendasi Hentikan Proyek Pipanisasi Beji

Pasuruan – Menanggapi Polemik Pipanisasi lima perusahaan untuk membuang limbah di wilayah Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan, Komisi III DPRD Kabupaten Pasuruan mengundang DLH (Dinas Lingkungan Hidup) sejumlah Kepala Desa, BBWS, Pengairan, dan lima perusahaan. Namun sayangnya hingga berakhirnya acara tidak satupun dari perwakilan kelima perusahaan menghadiri rapat dengar pendapat tersebut

Hearing yang digelar diruang rapa gedung Wakil rakyat di jalan raya Raci Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan, pada Kamis 28 Januari 2021 tersebut dipimpin ketua komisi III KH. Saifulloh Damanhuri

Sejumlah Kepala Desa yang hadir diantaranya adalah kepala Cangkringmalang, Gunung Gangsir,  Tambakan, wonokoyo, kedungringin, bersama perwakilan warga,  Camat Beji, Babinsa,  Bhabinkamtibmas.

Pada pertemuan tersebut kepala desa menyampaikan keluhan terkait keberadaan limbah dari pabrik yang memberikan efek bagi lingkungan dan diduga melebihi batas aman sehingga ada warga yang mengalami gatal-gatal dan lahan pertanian yang tidak bisa digunkan serta aliran sungai yang tercemar.

Menurut komisi III pihaknya belum pernah mengetahui atau diajak berkomunikasi terkait proyek pipanisasi itu sampai akhirnya timbul permasalahan di sejumlah desa. Karena hal itu komisi III memberikan rekomendasi untuk dilakukan penghentian sementara proyek pipanisasi untuk pembuangan limbah itu.

Perusahaan harus berkontribusi kepada pembersihan aliran sungai dan tuntutan warga. DLH harus memberikan warning kepada perusahaan agar tetap mematuhi standar baku limbah.

Reporter : Muhammad Saiful
Editor      : Pujiyono

Komentar

News Feed