oleh

IKM Logam & Mebel Kota Pasuruan Butuh Sentuhan

Pasuruan – Kota Pasuruan memiliki petennsi besar sebagai sentra logam dan mebel yang merupakan  sendi-sendi ekonomi dalam rangka menopang kemajuan perekonomian daerah.

Industri kecil logam dan mebel yang ada di Kota Pasuruan jumlahnya mencapai ratusan dan terus berkembang di beberapa bagian wilayah. Hal ini merupakan signal positif karena keberadaan industri kecil logam dan mebel ini mempunyai peranan yang sangat strategis untuk dikembangkan menjadi industri yang lebih menonjol dan mapan serta berperan mengisi keterkaitan proses produksi dengan industri hilirnya.

Harapan besar para pelaku usaha logam dan mebel  bagaimana ada peningkatan produkstifitas, ilmu dan teknologi baru yang mempunyai kecepatan perkembangan yang sesuai dengan kebutuhan pasar, dalam hal ini  kebijakan pemerintah dan infrastruktur sangat dibutuhkan.

Variabel Produk, Sumber Daya Manusia dan IPTEK berpengaruh signifikan terhadap daya saing industri kecil logam dan mebel di Kota Pasuruan.

Sejalan dengan era desentralisasi dan pengembangan ekonomi daerah, maka peranan industri kecil tentunya sangat relevan bagi keberhasilan implementasi kebijakan desentralisasi.

Banyak kebijakan dan action yang sudah dilakukan baik oleh kementrian maupun daerah misalnya pendekatan program SMIDeP, pendampingan yang dilakukan oleh UPT Logam Kota Pasuruan. Yang terbaru UPT mendirikan pusat pelayanan coating.

Pada realita nya sentuhan sentuhan yang sudah dilakukan oleh Pemerintah belum mampu secara maksimal mendongkrak geliat perkembangan usaha logam dan mebel.

Gerakan Masyarakat Untuk Bumi Makmur (Gembur) menilai IIKM logam dan mebel sudah tidak bisa ditawar lagi harus diwadahi dan dipayungi oleh wadah yang lebih profesional dan lebih mampu mengakomodir kebutuhan IKM

Reporter  : Wawan

Editor      :  Pujiyono

Komentar

News Feed