oleh

Pembangunan Pedestrian Jalan A Yani, Percantik Wajah Kota Nganjuk

NGANJUK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk terus berupaya mempercantik wajah jantung kota di Jalan A Yani Nganjuk. Tidak hanya menyulap kawasan tersebut menjadi area pedestrian, Pemda juga menata sedemikian rupa agar kabel-kabel yang semrawut di kawasan menjadi rapi dan sepanjang jalan di jantung Kota Bumi Anjuk Ladang itu semakin indah dipandang

Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi menjelaskan, penataan itu dimaksudkan untuk menjadikan area Jalan A Yani menjadi kawasan ekonomi di Nganjuk. “Saya yakin dengan (pedestrian) di Jalan A Yani yang kita bangun akan tumbuh jalan-jalan pendukung untuk usaha,” kata Kang Marhaen sapaan akrabnya

Hal itu disampaikan Kang Marhaen kepada awak media usai groundbreaking ceremony pembangunan pedestrian koridor Jalan A Yani, pada Jumat 17 September 2021. Pembangunan Pedestrian Jalan A Yani Nganjuk ini menelan anggaran mencapai Rp 21 miliar lebih. Adapun sumber pendanaannya berasal dari dana insentif daerah (DID).

Menurut Kang Marhaen, pembangunan Pedestrian Jalan A Yani Nganjuk dimaksudkan untuk menyeimbangkan sektor ekonomi dengan sektor kesehatan yang jadi prioritas di masa pandemi. “Infrastruktur juga harus jalan. Maka dari itu, Pemda memutuskan bahwa dana DID itu salah satunya untuk pembangunan pedestrian mulai A Yani sampai dengan Ploso,” tuturnya.

Kang Marhaen melanjutkan, Untuk mempercantik wajah jantung kota, nantinya akan dibangun Tugu Jayastambha, di Jembatan Ploso, Slumbung Timur dan Barat, dan penataan Alun-alun. Melalui pembangunan tersebut, Kang Marhaen yakin Pedestrian Jalan A Yani akan menjadi kawasan ekonomi sekaligus ikon Kabupaten Nganjuk.“Sehingga orang-orang dari kecamatan-kecamatan itu punya wahana kumpul di kota. Maka kota ini (kawasan Pedestrian A Yani) juga harus menarik,” bebernya.

Sementara itu, Kadis Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan Nganjuk Agus Frihannedy menyampaikan, pembangunan Pedestrian Jalan A Yani juga akan dibarengi dengan penataan kabel di kawasan tersebut. Kabel fiber optik yang masih memakai sistem kabel udara dengan tumpuan tiang di Pedestrian A Yani nantinya akan dipindah ke saluran bawah tanah. “Untuk kabel crossing itu memang kita tanam di bawah. Lalu untuk listrik (kabel PLN) itu tetap, hanya itu nanti dirapikan,” jelas Agus sembari mengatakan untuk (kabel milik) Telkom semuanya turun, kabel tanah. “Jadi sudah enggak banyak kabel-kabel yang kelihatan semliwer (bergelantungan) di sini,” lanjut Agus.

Pembangunan kawasan Pedestrian A Yani Nganjuk ini ditargetkan selesai akhir tahun 2021 akan rampung dikerjakan. Dan untuk saat ini salah satu rekanan Pemkab Nganjuk yakni PT KIM tengah mengerjakan proyek untuk pemulihan ekonomi dimasa pandemi ini.

Reporter  : Agus

Editor      : Taufin A

Komentar

News Feed